Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gunung Semeru di Lumajang, Jatim Kembali Erupsi

Widi Kusnadi Editor : Bahron Ansori - 2 jam yang lalu

2 jam yang lalu

11 Views

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur (foto: Dok MINA)

Lumajang, MINA – Gunung Semeru yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur berketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) mengalami erupsi dengan tinggi letusan teramati sekitar 600 meter di atas puncak atau dengan ketinggian 4.276 mdpl pada Senin pukul 16:59 WIB.

“Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 150 detik,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Mukdas Sofian di Lumajang.

Masyarakat sekitar diimbau untuk tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan, karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 13 km dari puncak.

Warga juga perlu mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat.

Baca Juga: Menaker: Ada 46 Ribu Pekerja Kena PHK

Sebelumnya gunung tersebut sudah dua kali erupsi pada pada pagi harinya, yakni pukul 06:54 WIB. Erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm, durasi 109 detik.

Kemudian erupsi kedua terjadi pada pukul 08:32 WIB dan visual letusan tidak teramati, namun erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 107 detik.

Saat ini Gunung Semeru masih berstatus waspada, hingga pemngumuman selanjutnya menunggu perkembangan terkini.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Jabodetabek Diperkirakan Diguyur Hujan di Sejumlah Wilayahnya Selasa ini

 

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Khutbah Jumat
Palestina
Indonesia
MINA Preneur
Indonesia