Gunung Semeru Kembali Semburkan Debu Vulkanik

Lumajang, MINA – Gunung yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kembali mengeluarkan letusan debu dengan ketinggian hingga 600 meter dari atas puncak gunung.

Menurut pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada pukul 6:25 WIB menyatakan, dari pengamatan terlihat kolom debu gunung dengan ketinggian 4.276 meter di atas permukaan laut ini berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal.

PVMBG juga menjelaskan bahwa status Gunung Semeru saat ini berada di level siaga. Aktivitas gunung masih fluktuativ dan terjadi 5 kali letusan dengan kolom debu 200 hingga 600 meter diatas kawah.

Meskipun belum menunjukan aktivas vulkanik yang signifikan, pihak PVMBG meminta masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas disekitar Gunung Semeru.

Baca Juga:  Dicap Lakukan Genosida di Gaza, Kolombia Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel

Selain itu, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak. (R/P2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.