Guru Berkarakter Bisa Memberikan Contoh Yang Baik

Ediana Putri Mayangsari,  pada acara pelatihan akbar di Jakarta, Islamic Centre, (18/9), (Foto:Jamilah/MINA)

Jakarta, MINA – Tokoh pendidikan, Ediana Putri Mayangsari, mengatakan, guru berkarakter bisa memberikan contoh yang baik kepada muridnya, mengajarkan dengan cinta, penuh kasih sayang, perhatian, memperbaiki diri, menuju kesempurnaan karakter, sabar (ikhlas dan kreatif) dalam mendidik anak.

“ Guru berkarakter harus bisa memberikan contoh kepada anak didik dan mengembangkan 9 pilar karakter dan K4 kepada anak, ”kata Ediana, pada acara Pelatihan Akbar dengan tema “Praktik Pendidikan Karakter dan Pendidikan Saintifik Yang Sukses Membangun Akhlak, Daya Pikir Kritis dan Kreativitas Anak,” di Jakarta Islamic Centre (JIC), Jakarta Utara, Senin (18/9).

Ia menjelaskan, 9 pilar karakter yaitu pilar pertama; cinta Tuhan dan semua ciptaanNya, pilar kedua; mandiri, disiplin, dan tanggungjawab, pilar ketiga; jujur,amanah, dan berkata bijak, pilar keempat hormat, santun, dan pendengar yang baik, pilar kelima; dermawan, suka menolong, dan kerjasama, pilar keenam percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah,pilar ketujuh; pemimpin yang baik dan adil, pilar kedelapan;baik dan rendah hati, pilar kesembilan; toleran, cinta damai dan bersatu.

“ Selain 9 pilar tersebut, kita juga mengajarkan K4 (kebersihan, kerapihan, kesehatan dan keamanan),” tambahnya.

“Setiap hari selama seminggu kita mengajarkan satu tema kepada anak  dengan cara memberi penjelaskan yang menarik menggunakan media gambar, bercerita, bernyanyi dan memainkan peran agar anak itu dapat memahami apa yang kita ajarkan,” kata Ediana.

“Seorang guru harus sabar mendidik dan terus mengarahkan anak, tidak hanya sekali anak langsung berubah namun harus berkali-kali agar menjadi kebiasaan yang baik pada kehidupan sehari-harinya,” tambahnya. (L/R13/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)  

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.