Guru Berkarakter Bisa Memberikan Contoh Yang Baik

Ediana Putri Mayangsari,  pada acara pelatihan akbar di Jakarta, Islamic Centre, (18/9), (Foto:Jamilah/MINA)

Jakarta, MINA – Tokoh , Ediana Putri Mayangsari, mengatakan, bisa memberikan contoh yang baik kepada muridnya, mengajarkan dengan cinta, penuh kasih sayang, perhatian, memperbaiki diri, menuju kesempurnaan karakter, sabar (ikhlas dan kreatif) dalam mendidik anak.

“ Guru berkarakter harus bisa memberikan contoh kepada anak didik dan mengembangkan 9 pilar karakter dan K4 kepada anak, ”kata Ediana, pada acara Pelatihan Akbar dengan tema “Praktik dan Pendidikan Saintifik Yang Sukses Membangun Akhlak, Daya Pikir Kritis dan Kreativitas Anak,” di Jakarta Islamic Centre (JIC), Jakarta Utara, Senin (18/9).

Baca Juga:  Wapres: Kemenag Harus Lindungi Jamaah Haji Lansia

Ia menjelaskan, 9 pilar karakter yaitu pilar pertama; cinta Tuhan dan semua ciptaanNya, pilar kedua; mandiri, disiplin, dan tanggungjawab, pilar ketiga; jujur,amanah, dan berkata bijak, pilar keempat hormat, santun, dan pendengar yang baik, pilar kelima; dermawan, suka menolong, dan kerjasama, pilar keenam percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah,pilar ketujuh; pemimpin yang baik dan adil, pilar kedelapan;baik dan rendah hati, pilar kesembilan; toleran, cinta damai dan bersatu.

“ Selain 9 pilar tersebut, kita juga mengajarkan K4 (kebersihan, kerapihan, kesehatan dan keamanan),” tambahnya.

“Setiap hari selama seminggu kita mengajarkan satu tema kepada anak  dengan cara memberi penjelaskan yang menarik menggunakan media gambar, bercerita, bernyanyi dan memainkan peran agar anak itu dapat memahami apa yang kita ajarkan,” kata Ediana.

Baca Juga:  Sebanyak 20 Bus Salawat Ramah Lansia dan Disabilitas untuk Jamaah Haji Indonesia

“Seorang guru harus sabar mendidik dan terus mengarahkan anak, tidak hanya sekali anak langsung berubah namun harus berkali-kali agar menjadi kebiasaan yang baik pada kehidupan sehari-harinya,” tambahnya. (L/R13/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)  

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.