Habib Husein Al Attas Sampaikan Pesan Persatuan Umat dalam Kuliah Subuh Tabligh Akbar 1444 H

Habib Husein Al Attas saat Kuliah subuh Tabligh Akbar 1444 H Zona 2. (Foto: Abdullah/MINA)

Bogor, MINA – Pengasuh Al Attas menyampaikan umat Islam dalam kesempatan Zona 2 di Masjid At-Takwa Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jabar, Sabtu (18/3).

“Walaupun kita berbeda tempat dan suku, kita berasal dari ayah-ibu yang sama, yang pernah , berkumpul dalam rahim ibu yang sama dan kita juga mengikuti nabi yang sama, berpegang pada kitab yang sama. Persamaan ini harusnya dapat menyatukan kita semua dan menyatukan seluruh umat,” ujarnya di hadapan jamaah kuliah subuh yang hadir dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Dalam jamaah, antum semua diajak untuk bersatu di jalan Allah, bukan berfanatik ke dalam kelompok, kepada golongan, sekte, mazhab dan ras, karena semua ini merupakan produk manusia. Tapi kita bersatu di jalan yang telah Allah gariskan bagi kita, dan meneladani Nabi kita Muhammad yang menyeru untuk bersatu dalam agama Allah,” ujarnya.

Untuk itu ia mengajak umat Islam agar menegakkan agama Allah, bukan semangat bergolongan yang memecah belah.

Menurutnya, apa yang terjadi saat ini adalah satu kelompok mengajak bersatu dalam kelompoknya, kelompok lain juga mengajak bersatu dalam kelompoknya. Hal ini justru memutus persatuan umat.

“Kegagalan kita semua karena kita berecerai-berai. Kita bukan lagi mengikuti tuntunan Allah yang begitu indah dan penuh rahmat serta cahaya yang menerangi jalan kita. Tapi yang kita ikuti adalah bergolong-golongan, yang bersumber dari hawa nafsu,” katanya.

“Oleh karen itu mari kita dengarkan seruan Allah untuk bersama-sama masuk ke dalam Islam, untuk bersatu di dalamnya, sehingga akan terlahir dan kerukunan,” tuturnya.

Tabligh Akbar dan 1444 H di Ponpes Al-Fatah, merupakan suatu pengajian terbuka yang rutin digelar setiap tahunnya, pada akhir Sya’ban menyambut bulan suci Ramadhan, dengan menghadirkan pembicara dari unsur ulama serta , dalam dan luar negeri.

Tabligh Akbar Festival Sya’ban 1444 H digelar di dua zona. Zona satu untuk masyarakat di Pulau Sumatera, dan zona dua untuk masyarakat di Pulau Jawa, Kalimantan dan Indonesia bagian Timur.

Tabligh Akbar Zona 1, diselenggarakan di Pondok Pesantren Al-Fatah Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, pada 11-12 Maret dengan dihadiri sekitar 6000 jamaah.

Pada Zona 2 ini, target peserta yang hadir sekitar 10-15 ribu peserta dan dari berbagai wilayah baik Jawa, Kalimantan, Indonesia Timur, dan beberapa negara asia seperti Malaysia, Thailand dan Filipina. (L/R7/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)