Halal Expo Indonesia 2019 Targetkan 50.000 Pengunjung

Aryo Wibisono, CEO Skyconnection, penyelenggara Halal Expo Indonesia 2019 (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Halal Expo Indonesia (HEI) 2019 resmi akan digelar pada 6,7,8 Desember di ICE BSD Tangerang yang  menargetkan 50 ribu pengunjung.

“Kami punya ekspektasi, Insha Allah dari 50 ribu yang hadir dan 300 tenan dan saat ini terus bertambah, kita ber-ekpektasi nilai transaksi ekonomi sekitar Rp 10-12 miliar per event,” kata Aryo Wibisono CEO Skyconnection, selaku penyelenggara HEI 2019 dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (28/11).

Selama event HEI yang kedua kalinya ini berlangsung, setiap pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 50.000 dalam satu hari dan untuk yang mengambil tiga hari akan dikenakan Rp125.000.

Menurut Aryo, biaya masuk ini sebenarnya tidak bertujuan untuk mencari keuntungan, namun lebih sebagai syarat masuk saja.

Ia mengatakan, tujuan dan target sebenarnya dari Halal Expo itu sendiri adalah dalam rangka berdakwah untuk mempersatukan umat dan mensosialisasikan serta menggali kesadaran masyarakat tentang Halal.

“Tujuannya yang jelas nomor satu adalah berdakwah, targetnya semua orang yang hadir jadi lebih teredukasi semuanya yang halal, gak cuman makan dan ekonomi tapi semua dari hulu ke hilir halal,” kata Aryo.

Sementara itu, dalam HEI 2019 ini nanti pengunjung juga akan diedukasi tentang kepedulian terhadap sampah, terutama sampah plastik melalui program HElact.

Pengunjung akan diminta membawa tempat minum atau tumbler masing masing dan akan diminta bersedekah sampah, yang akan dikumpulkan di venue, bekerjasama dengan bank sampah dan TPS terpadu di sekitar venue.

Selain itu, pengunjung akan dibagikan telo bag (tas yang terbuat dari serat ketela) yang berfungsi untuk menampung barang-barang pengunjung.

Tong sampah juga akan tersebar di venue yang dibagi tiga, yaitu sampah organik, plastik dan sampah lain lain. Sampah yang dihasilkan selama even akan dipilah dan didaur ulang. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)/P1