Hari Pembunuhan Dubes Turki di Roma Diperingati

Ankara, MINA – Pemerintah Turki pada Ahad 9 Juni 2019 memperingati pembunuhan Duta Besar Turki untuk Vatikan Taha Carim yang terjadi tanggal 9 Juni 1977 lalu.

“Kami memperingati dengan hormat martir kami, Taha Carim, Duta Besar Republik Turki untuk Tahta Suci, yang dibunuh oleh organisasi teroris Armenia JCAG di Roma pada 9.6.1977,” tulis Kementerian Luar Negeri Turki lewat Twitter.

Pada 9 Juni 1977, diplomat Turki Carim ditembak mati dengan senjata otomatis usai keluar dari mobil oleh organisasi yang menamakan dirinya”Justice Commandos of the Armenian Genocide” (JCAG).

Serangan itu merupakan salah satu pembunuhan terhadap diplomat Turki dan anggota keluarganya di seluruh dunia oleh kelompok teror Armenia ASALA dan JCAG, demikian Anadolu melaporkan.

Didirikan pada 1975 di Beirut selama Perang Saudara Lebanon, ASALA menyalahkan JCAG atas ratusan aksi teror berdarah.

ASALA menyatakan membunuh diplomat-diplomat Turki dalam banyak serangan, untuk memaksa Pemerintah Turki “mengakui secara luas atas apa yang disebutnya sebagai genosida Armenia pada 1915, membayar ganti rugi, dan menyerahkan wilayah untuk ‘tanah air Armenia.,”

Serangan teroris Armenia ini, meningkat 80 persen sejak 1980 hingga 1983, dari 580 naik menjadi 699 kasus serangan.

Serangan teroris ini berakhir pada tahun 1986, menurut sebuah penelitian tentang Teror Armenia. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)