Hening Tanggapi Serangan, Perlawanan Gaza Buat Bingung Israel

Rumah warga yang dibom oleh Israel kemarin. (Foto: Palinfo)

Gaza, MINA – Perlawanan Palestina bertekad berjam-jam tanpa menanggapi serangan pendudukan Zionis di Jalur Gaza setelah pendudukan mengharapkan faksi-faksi Palestina memulai tanggapan langsung dan cepat dengan menembakkan roket.

Dikutip dari Palinfo, Rabu, (10/5) sikap perlawanan Gaza yang hening justru membuat pendudukan dalam keadaan tidak berdaya, heran dan merasakan keheningan ini sebagai teror besar.

Keheningan perlawanan membuka pintu lebar-lebar spekulasi tentang apa tanggapan yang diharapkan, tanpa memasuki perdebatan apakah operasi balas dendam dilakukan atau tidak.

Respon telah menjadi wajib, seperti yang dikatakan banyak pengamat, tetapi pertanyaan yang membingungkan adalah tentang metode, waktu, dan tempatnya.

Aktivis politik Palestina, Thamer Saba’na, percaya pendudukan Israel berusaha memulihkan kekuatan pencegahan.

Namun dia juga menekankan bahwa perlawanan tidak akan membiarkan pendudukan melewati kejahatan ini tanpa tanggapan yang menyakitkan.

Dia juga meyakini batas tanggapan perlawanan tidak akan terbatas pada Jalur Gaza saja.

Sementara itu, penulis dan analis politik Palestina, Rami Ayasra mengatakan pendudukan Zionis melakukan kejahatan besar-besaran terhadap anak-anak dan perempuan di Jalur Gaza.

Dia menekankan bahwa kejahatan pendudukan di Jalur Gaza membutuhkan tanggapan yang menyakitkan dari perlawanan Palestina.

Dia percaya bahwa perlawanan harus menyatukan upaya dalam menghadapi pendudukan Zionis dan kejahatannya, merujuk pada krisis politik internal yang sangat besar yang dialami oleh Netanyahu saat ini.

Sementara penulis dan analis politik Palestina, Muhammad Al-Qeeq, mengharapkan beberapa jam mendatang akan menyaksikan serangkaian serangan di berbagai lokasi dalam menanggapi agresi pendudukan di Jalur Gaza.

Dia percaya, pendudukan telah gagal menargetkan perlawanan Palestina, yang terus meningkat dan berkembang, baik di Jalur Gaza atau Tepi Barat yang diduduki.

Dia menunjukkan rencana taktis perlawanan Palestina menakutkan pendudukan, merujuk pada apa yang dia gambarkan sebagai “keadaan syok” yang dirasakan pendudukan sebagai akibat dari aksi-aksi perlawanan Palestina.

Pakar urusan Israel, Adel Shadid, mengatakan kebijakan diam yang ditempuh oleh perlawanan Palestina telah membingungkan sistem keamanan Israel.

Dia menunjukkan sistem keamanan pendudukan tidak mampu mengembangkan hipotesis untuk metode menanggapi perlawanan Palestina.

Shadid mengklarifikasi bahwa perilaku pendudukan Israel didasarkan pada hipotesis agresif terhadap rakyat Palestina.

Analis politik Palestina, Hassan Abdo mengatakan, faksi-faksi perlawanan mengadopsi metode baru untuk menunggu dan memberikan kesempatan kepada otoritas terkait mengatur tanggapan sebanding dengan ukuran kejahatan mereka.

Dia menjelaskan apa yang terjadi berbeda dari tanggapan cepat yang disaksikan dalam pembunuhan sebelumnya.

Abdo percaya strategi ini akan berakibat dalam menghadapi kejahatan. Sama seperti pendudukan mengejutkan perlawanan dengan pembunuhan pengecut, yang terakhir akan menggunakan metode yang sama dan dengan cara yang dianggap tepat.

Menurut paparan Abdo, skenario lama penembakan rentetan roket di kota-kota dan permukiman pendudukan, yang biasa diikuti oleh perlawanan pada setiap pembunuhan, telah menjadi “membosankan”.

Data menunjukkan, perlawanan tidak mau menggunakan strategi ini sekarang.

Perkiraannya respons akan sebanding dengan ukuran kejahatan. Kalau tingkat agresi tertinggi, maka akan ditanggapi dengan tingkat respons tertinggi juga.

“Waktu, jangkauan dan sifat tanggapan ditentukan oleh kepemimpinan faksi-faksi perlawanan, dan sampai saat ini kami tidak mengetahui secara geografis atau ukuran tanggapan, dan apakah itu akan terbatas pada Jalur Gaza atau juga daerah lain,” katanya.

Namun diputuskan bahwa strategi isolasi dan pemisahan medan perang atau faksi telah berakhir (antara Gaza dengan Tepi Barat).

“Respon hari ini didasarkan pada penguatan gagasan untuk mengakhiri pemisahan perlawanan sepenuhnya dan meningkatkan koordinasi sesamanya,” menurut Abdo.

Hingga detik ini Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan 15 syahid, termasuk 4 anak-anak dan 4 wanita, dan 20 warga terluka, termasuk 3 anak-anak dan 7 wanita, selama agresi pendudukan di Jalur Gaza dan pembunuhan tiga pemimpin Al- Brigade Quds pada Selasa.

Pada gilirannya, ruang bersama dari faksi-faksi perlawanan mengatakan bahwa pendudukan dan para pemimpinnya yang memulai agresi harus bersiap untuk membayar harganya, insya Allah. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.