Rektor IPB Mendatang Diharapkan Berintegritas Tinggi Majukan Pertanian Masa Depan

. (Foto: Putri/MINA)

 

Bogor, 2 Sya’ban 1438/ 29 April 2017 (MINA) – Himpunan Alumni (HA) Institut Bogor  (IPB) menggelar konvensi Bakal Calon Rektor (BCR) IPB periode 2017-2020 dan mengharapkan rektor yang terpilih mempunya integritas tinggi memajukan pertanian masa depan.

Ketua Dewan Pembina HA IPB, Nurcahyo Adi, mengatakan di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/4), penjaringan BCR IPB 2017-2020 jalur HA IPB diadakan melalui konvensi karena ingin memperoleh serta memberikan kandidat terbaik dari HA IPB.

“Melalui konvensi BCR IPB jalur HA IPB diharapkan mendapatkan kandidat yang berintegritas terhadap kepentingan stakeholder, independen dari kecenderungan mengarah ke afiliasi politik praktis dan golongan tertentu sehingga Rektor IPB terpilih mampu menjawab tantangan masa depan pertanian Indonesia dan peran IPB di abad teknologi digital,” ujar  Nurcahyo Adi

Berbeda dengan tingkat fakultas di IPB yang bisa langsung terlihat kapasitas calonnya, HA IPB tidak mempunyai kandidat yang langsung diketahui kompetensinya.

Dengan begitu, BCR IPB 2017-2020 jalur konvensi HA IPB diharapkan menjadi proses objektif untuk menjaring kandidat terbaik dari berbagai jalur alumni, baik yang diusulkan oleh fakultas maupun DPP, DPD serta perseorangan.

Sedangkan Ketua Umum HA IPB Bambang Hedrouono menjelaskan, BCR IPB periode 2017- 2022 jalur konvensi HA IPB akan melalui lima tahapan meknisme.

Tahap pertama dimulai 1-10 Mei yakni proses pendaftaran peserta konvensi BCR IPB dan undangan konvensi. Peserta konvensi BCR IPB jalur HA IPB dapat diajukan oleh tingkat DPP dan DPD, fakultas serta perseorangan.

Tahap kedua adalah rapat seleksi penetapan peserta konvensi BCR IPB oleh panitia dari HA IPB tanggal 11 Mei 2017. Peserta konvensi BCR IPB yang memenuhi syarat administrasi maka masuk ke tahap berikutnya yang diumumkan 12 Mei 2017.

Ha IPB menetapkan 9 kriteria tambahan yang tidak melanggar syarat administrasi dari Panitia Pemilihan Rektor (PPR) IPB. Kesembilam kriteri tersebut yakni peserta konvensi BCR IPB jalur HA IPB harus memiliki kompetensi Visionary Leadership, Change Leadership, Business Acumen, Managing Performance, Innovation and Creativity, Driving Execution, Empowering Others, Embrace Diversity, dan Self Integrity.

Kemudian tahap ketiga, uji kompetensi peserta konvensi BCR IPB yang dilakukan 16 Mei 2017 dan hasilnya diumumkan tanggal 18 Mei 2017. Tahapan keempat adalah konvensi yang digelar tangga 20 Mei 2017. Dalam konvensi BCR IPB, peserta memaparkan visi, misi dan pandangan program kerja Rektor IPB 2017-2020 di hadapan panelis yang berasal dari berbagai stakeholder IPB antara lain, internal IPB, alumni, wakil orangtua, legislatif, unsur pemerintahan, TNI, jurnalis dan lembaga lainnya.

Tahap kelima, panelis melakukan rapat penentuan pada 21 Mei 2017 untuk menetapkan 3 orang BCR IPB HA IPB yang nantinya didaftarkan ke PPR IPB tanggal 29 Mei 2017.

BCR IPB yang diaujkan HA IPB harus menandatangani pakta integritas jika terpilih nanti. Pakta integritas itu sebagai komitmen untuk menuntaskan masa tugas Rektor IPB hingga selesai masa periode ya dan bersedia dikawal dari masa pemilihan hingga menjalankan tugas. (L/R07/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Septia Eka Putri

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.