Majukan Pertanian, Pemkab Semarang Bagikan Mesin Pertanian

Bupati Semarang Ngesti Nugraha secara simbolis serahkan bantuan alsintan kepada kelompok tani (Foto: Humas Pemkab)

Ungaran, MINA – Pemerintah Kabupaten () , Jawa Tengah, membagikan 107 unit alat mesin () kepada kelompok tani, untuk mendukung peningkatan usaha pertanian.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati dan Wakil Bupati Semarang, di pendapa rumah dinas bupati setempat, Selasa (16/8).

Bupati Semarang, Ngesti Nugraha di hadapan seratusan ketua kelompok tani, mengingatkan para petani untuk memanfaatkan alsintan sesuai kebutuhan.

“Selain para anggota, jika ada warga yang ingin memanfaatkan, dapat juga diberikan,” katanya.

Menurutnya, bantuan alsintan merupakan bagian dari komitmen Pemkab Semarang menjalankan pertanian . Selain itu, juga sedang digencarkan pertanian yang memanfaatkan pupuk kandang dan pupuk organik.

“Semoga dengan adanya bantuan alsintan ini kesejahteraan petani dapat lebih meningkat,” ujar Nugraha.

Baca Juga:  Jatim Komitmen Wujudkan Ekosistem Produk Halal

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Semarang Moh Edy Sukarno menjelaskan, bantuan alsintan berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) dan dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2023.

Disebutkan, 60 unit alsintan berasal dari dana alokasi khusus (DAK), sedangkan 47 unit alsintan dibeli menggunakan DBHCHT. Di antara alsintan yang diserahkan, antara 39 unit cultivator, 10 corn sheller, 3 corn sheller mobile, dan 15 pompa air, serta 14 unit alat pencacah pupuk organik (APPO) . Selain itu, juga 17 unit kendaraan roda tiga pengangkut hasil panen dan sembilan unit perajang tembakau.

“Alsintan diberikan untuk memajukan pertanian dan mendukung Kabupaten Semarang Berdikari. Para petani adalah salah satu stakeholders penting untuk dapat mewujudkannya,” kata Edy. (R/B04/P2)

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UI Berkumpul di Perkemahan Solidaritas Palestina

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.