Hutan Kerinci Berkabut, Helikopter Kapolda Jambi Belum Bisa Dievakuasi

Tim evakuasi helikopter Kapolda Jambi berhasil turun ke lokasi kecelakaan. (Photo: Istimewa)

Jambi, MINA – Tim SAR gabungan berhasil mencapai lokasi kecelakaan helikopter rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, sementara korban belum bisa dievakuasi karena kabut di Hutan Kerinci.

“Tadi saya sempat komunikasi dengan pilot Korps Baharkam Polri masih berkabut dan jarak pandang belum memungkinkan, namun juga kita tetap cari peluang, begitu cerah langsung masuk,” kata Kabid Humas Kombes Mulia Prianto seperti rilis yang diterima MINA, Senin (20/2).

Anggota SAR yang berhasil turun dari heli di lokasi tengah melakukan pengecekan kesehatan kapolda Jambi berserta rombongan. Hingga saat ini, ada enam helikopter yang terparkir di Merangin, Jambi yang merupakan lokasi crisis center tim SAR Gabungan.

Baca Juga:  TNI AL Resmikan Dua Kapal Perang

“Saat ini, tim SAR sedang memberikan pertolongan sambil menunggu helikopter bisa masuk,” tutur Mulia.

Ia menyebutkan, bantuan SAR dari udara berjumlah enam orang. Terdiri dari Basarnas, Brimob Polda Jambi, dan Biddokkes Polda Jambi.

“(Yang sudah turun) dua dari Basarnas, dua dari Brimob, dan dua dari Biddokkes Polda Jambi,” ungkapnya.

Mulia melanjutkan, bantuan tim medis tersebut merupakan dari dokter spesialis, baik dari spesialis bedah maupun anestesi.

“Sementara, belum ada (yang berhasil dievakuasi), masih di lokasi semua,” ujarnya.

Sebelumnya, proses evakuasi melalui udara sempat dihentikan sementara dikarenakan faktor cuaca hujan dan kabut di sekitar titik koordinat Bukit Tamiai, Muara Emat Kerinci sejak Ahad malam (19/2).

Baca Juga:  Cuaca Panas, Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Pasca jatuhya , sebanyak tiga kali penerbangan helikopter evakuasi gagal karena cuaca yang buruk tertutup kabut. Hingga pagi ini, tim evakuasi udara berhasil menurunkan logistik sebelum dilakukannya evakuasi, sementara skenario yang disiapkan adalah evakuasi lifting dari helikopter.

Sementara ini, Kombes Mulia menyatakan, kondisi rombongan helikopter Kaloda Jambi yang kami dapat melalui perangkat radio HT dalam keadaan selamat. Polda Jambi juga telah menyiagakan tim dokter dan perawat Dokpol Polda Jambi, juga telah berkordinasi dengan RS Bhayangkara Polda Jambi, RS Daerah Merangin, serta RS Daerah Kerinci apabila dibutuhkan. (R/R12/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.