Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ICAN: Israel Punya 90 Hulu Ledak Nuklir

Rudi Hendrik - Senin, 17 Juni 2024 - 16:01 WIB

Senin, 17 Juni 2024 - 16:01 WIB

9 Views

Reaktor Nuklir Dimona (Israelhayom)

Jenewa, MINA – Kampanye Internasional untuk Menghapuskan Senjata Nuklir (ICAN) mengungkapkan, Israel mempunyai 90 hulu ledak nuklir dan meningkatkan belanja nuklirnya.

Dalam sebuah laporan yang meneliti pengeluaran negara-negara untuk pengembangan nuklir, ICAN menemukan bahwa pendudukan Israel telah meningkatkan pengeluaran nuklirnya sebesar 2,4%, setara dengan 1,1 miliar dolar per tahun.

Belanja nuklir kolektif mencapai 13,4% tahun lalu, atau 91,4 miliar dolar di seluruh dunia. Amerika Serikat menduduki peringkat pertama dengan menghabiskan 51,5 miliar dolar untuk pengembangan nuklir, dan mencakup 80% pengeluaran nuklir kolektif.

Dalam wawancara eksklusif dengan Al Mayadeen, Alicia Sanders-Zakre, Koordinator Kebijakan dan Penelitian di ICAN, membahas ambiguitas Israel mengenai persenjataan nuklirnya.

Baca Juga: Israel Panggil 1.000 Orang dari Kelompok Haredi untuk Wajib Militer

Menurut Sanders-Zakre, di kalangan pakar nuklir internasional diketahui bahwa pendudukan Israel memiliki senjata nuklir. Menurut perkiraan ICAN, 90 hulu ledak nuklir diidentifikasi sebagai milik Israel. Namun, jumlahnya masih belum jelas karena kurangnya transparansi dan ketidakjelasan Tel Aviv mengenai kepemilikan senjata nuklir.

Mengenai belanja nuklir Israel, ICAN berhasil menyimpulkan perkiraan tersebut dengan mengacu pada belanja militer Israel pada tahun 2023, yang didiskusikan dengan para ahli Israel untuk mengalokasikan belanja militer sebenarnya dengan mempertimbangkan belanja tambahan akibat perang di Gaza. Perkiraan kemudian dibentuk dan dialokasikan untuk pengeluaran nuklir Israel. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Netanyahu Akan Kirim Delegasi Perundingan ke Doha

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Internasional
Timur Tengah
Palestina
Timur Tengah