Imaam Yakhsyallah Kunjungi Posko UAR Korwil Jabotabek Banten

Pelabuhan Tanjung Priok, MINA – Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur, Rabu (13/1), mengunjungi Posko Korwil Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Jabotabek Banten, di Posko Induk BASARNAS JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kunjungan dalam rangka mengapresiasi kerja para relawan UAR yang sudah berjuang untuk kemanusiaan pencarian korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada 9 Januari 2021 lalu.

“Ini adalah tugas yang sudah sekian kalinya kita lakukan untuk menolong yang sedang membutuhkan,” katanya.

Ia menegaskan, tugas kemanusian adalah dari bagian ba’it kita untuk menolong Allah dan ini yang harus dihayati betul.

“Para ulama berpendapat bahwasanya menolong Allah adalah bagian dari menolong makhluk-Nya,” ucap Imaam Yakhsyallah.

Ada beberapa macam bentuk menolong Allah, Pertama, Menegakan syariat Allah, dengan amar makruf nahi munkar, membela Agama Allah ketika dinista, kemudian selanjutnya menolong Allah adalah memberi pertolongan, mengevakuasi, dan menyelamatkan makhluk Allah, baik manusia, atau makhluk lainnya.

“Menolong Allah sifatnya tidak hanya vertikal (ibadah-ibadah) tapi juga bersifat horizontal menolong sesama makhluk,” kata Imaam.

Imaam Yakhsyallah juga langsung melihat ke lokasi pengumpulan serpihan-serpihan pesawat, kantung jenazah korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air JE-182.

Dalam kunjungan ini Imaam Yakhsyallah didamping Ketua Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Pusat H. Bustamin Utje.

Sementara itu, Korlap UAR Korwil Jabotabek Banten, Akhirul Soleh mengucapkan terimakasih atas kunjungan Imaam. “Kunjungan itu merupakan wujud kepedulian kepada relawan yang sedang bertugas dalam misi pencarian korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182,” katanya.

Soleh menjelaskan, pada Ahad (10/1) lalu pukul 21.00 malam kami kordinasi dengan Ketua UAR Korwil Jabotabek Banten Endang Sudradjat, terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, kemudian berkordinasi dengan Wawan Amirrudin Pembina UAR Korwil Jabotabek, kemudian langsung kordinasi dengan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Pusat.

Hasil dari kordinasi tersebut mendapatkan lampu hijau dari UAR Pusat kepada Korwil Jabotabek Banten bisa mengikuti operasi pencarian dan pertolongan SJ-182 dengan mengirimkan tim relawan 9 orang.

Imaam Yakhsyallah mengatakan, agar para relawan bekerja secara maksimal. “Datang pertama pulang terakhir,” pesannya. (L/R8/P1))

Mi’raj News Agency (NINA)