Kapal Perang Pemandu Armada Ke-7 AS Berlabuh di Tanjung Priok

USS Blue Ridge (LCC 19) (foto:Kaskus)

Pelabuhan , MINA – Kapal perang pemandu di Armada ke-7 Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), (LCC 19) merapat di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Rabu (1/5).

Kapal perang tertua dengan usia hampir lima dekade tersebut melakukan kunjungan ke Jakarta ketika Amerika Serikat dan Indonesia merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini.

Komandan , Laksaman Madya Pihilip G. Sawyer menuturkan, pihaknya datang ke Jakarta juga untuk melakukan petemuan dengan Angkatan Laut Indonesia (TNI AL).

Pertemuan tersebut mencakup pembicaraan staf reguler, pertukaran profesional dan latihan seperti Kerjasama Kesiapan dan Pelatihan Kesiapan Mengapung (CARAT) dan Kerjasama Asia Tenggara dan Pelatihan (SEACAT).

TNI AL juga berpartisipasi dalam latihan multilateral seperti Cobra Gold dan RIMPAC, dan menyelenggarakan latihan dua tahunan Komodo di Indonesia.

“Pelaut saya berharap untuk menjelajahi kota yang luar biasa ini (Jakarta) dan saya berharap dapat bertemu dengan rekan-rekan TNI-AL saya,” kata Wakil Laksamana Muda Phil Sawyer, seperti dikutip dari dvidshub.net.

“Kemitraan kuat kami dengan TNI-AL didasarkan pada nilai-nilai demokrasi dan kepentingan bersama sebagai negara maritim,” tambahnya.

Armada ke-7 AS memberikan keamanan bersama sekutu dan mitra di seluruh Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Sebagai armada terbesar, Armada ke-7 mengoperasikan sekitar 50-70 kapal selam dan 140 pesawat dengan sekitar 20.000 Pelaut.

Sebagai andalan Armada ke-7, Blue Ridge, juga menyediakan perintah dan kemampuan kontrol seluler di seluruh Indo-Pasifik. (T/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.