Imaam Yakhsyallah Mansur Ajak Umat Islam Hayati Surat Al-Baqarah Ayat 103

Imaam Muslimin Yakhsyallah Mansur saat sampaikan tausiyah akhir sya'ban pada Ahad 10 Maret 2024 (Foto; MINA)

Bogor, – Memasuki bulan suci 1445 H, Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur mengajak kaum Muslimin untuk menghayati Surat .

“Seluruh Muslim di dunia akan melaksanakan ibadah shaum, tentu sebagai umat Muslim kita harus mengetahui bahwa puasa di bulan Ramadhan 1445H ini hukumnya wajib,” kata Imaam Yakhsyallah Mansur dalam khutbah akhir Sya’ban di Bogor, Jawa Barat, pada Ahad (10/3).

Surat Al-Baqarah ayat 103 artinya “Dan jika mereka beriman dan bertakwa, pahala dari Allah pasti lebih baik, sekiranya mereka tahu.”

Imaam Yakhsyallah Mansur mengatakan, mulia dan agungnya puasa Ramadhan, Allah menggunakan kata mewajibkan bagi orang beriman untuk berpuasa.

Ada rangkaian ayat-ayat tentang mewajibkan puasa diantara: Pertama kewajiban qisas untuk hukuman pidana dalam Islam, kedua mewajibkan wasiat bagi seseorang sebelum meninggal, ada pada surat Al-Baqarah ayat 189, ketiga tentang waris yang berarti harta peninggalan orang meninggal yang akan dibagikan kepada ahli warisnya. Selanjutnya, kelima Orang yang sehat dan mampu diwajibkan puasa Ramadhan.

Baca Juga:  Dijegal Irak, Timnas Indonesia U-23 Masih Berpeluang Ikut Olimpiade di Paris

Pada ayat puasa, Allah memerintahkan puasa dengan kata syiam yang berarti menahan diri, menahan diri dari tindakan dari ucapan, dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Dalam Al-Qur’an kata shaum hanya sekali disebutkan dalam surah Maryam dan kata syiyam ada sembilan kali dalam Al-Qur’an. Al Baqarah, An-Nisa’, Al-Maidah dan Al-Mujadalah.

“Kita perbanyak doa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, berkahi kita di bulan Syaban saat ini, serta diberi kesempatan untuk bisa menemui bulan suci Ramadan,” ujarnya.

Maka, bulan penuh keberkahan. Amalan dikerjakan di bulan tersebut akan diganjar pahala berlipat, juga keutamaan luar biasa yang diperoleh setelah mengerjakan amalan byulan suci Ramadhan. (L/R4/P2)

 

Baca Juga:  Delegasi Media UEA Kunjungi MINA

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.