INASGOC Jamin Kenyamanan Tamu di Asian Games 2018

Jakarta, MINA – Panitia Penyelenggara 2018 (INASGOC) memanfaatkan untuk menguji kesiapan penyelenggaraan. Khususnya, penyambutan, transportasi dan kenyamanan tamu.

Test event delapan cabang olahraga secara serentak dihelat di Jakarta mulai 10-15 Februari 2018. Dari cabang olahraga atletik, panahan, bola basket, tinju, pencak silat, taekwondo, bola voli, dan angkat besi itu diikuti 18 negara peserta.

Direktur Departemen Arrival, Departure, and Hospitality INASGOC, Indra Gumulya, menyatakan upaya untuk menjamin kenyamanan tamu yakni salah satunya dengan menerapkan peraturan ketat dalam menjaga kebersihan.

Indra sudah memberikan teguran dan peringatan keras kepada panitia yang merokok di sekitar venue atau area publik lainnya saat test event yang sedang berjalan lima hari ini.

“Saya sangat konsen pada lingkungan yang bersih. Saya selalu mengingatkan bagi panitia berseragam untuk tidak merokok di lingkungan (test event). Jika melanggar maka akan dicabut ID-nya dan diserahkan pada HRD, saat Games Time yang bersangkutan karena tak disiplin tak diikutkan (blak list),” ujar Indra pada temu media di Main Press Centre (MPC) Jakarta, Senin (12/2).

Selain itu, Indra mengatakan fihaknya juga memberikan sosialisasi pada para pengemudi mobil atau bus panitia tidak menyalakan mesin selama mobil tidak digunakan.

Indra juga menjelaskan, selama test event berjalan, penyambutan bagi tamu atlet dan oficial dilakukan secara maksimal.

“Kami melakukan yang terbaik untuk tamu-tamu Indonesia. Jadi ketika mereka sampai, teman-teman volunteer langsung mengantar ke bagian akreditasi, setelah itu dibawa ke line khusus imigrasi, kemudian ke bagian bagasi, dan dibawa ke bea cukai, lalu menuju transportasi untuk diantar ke wisma atlet,” tambah Indra.

Dia mengatakan, untuk pelaksanaan Asian Games 2018 Agustus nanti, fihaknya akan mengerahkan total 200 petugas terdiri dari Polwan, korps wanita TNI, dan relawan mahasiswa untuk melakukan penyambutan para tamu atlet dan ofisial. (L/R01/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)