INASGOC Siapkan Transportasi untuk Kepulangan para Atlet

Jakarta, MINA – Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) telah mempersiapkan transportasi yang akan memfasilitasi kepulangan para tamu negara baik para atlet maupun official yang diperkirakan akan terjadi pada 3-4 September mendatang.

Hal tersebut disampaikan Deputi III Games Support INASGOC, Ahmed Solihin dalam jumpa pers di Main Press Centre Asian Games 2018, Jakarta, Kamis (30/8).

“Pemulangan atlet terutama dari kawasan Wisma Atlet Kemayoran bisa mencapai 3.000 hingga 4.000 kloter. Karena itu, kami akan membentuk tim kecil untuk melayani kepulani kepulangan para atlet,” jelas Ahmed.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan mengantisipasi jika adanya barang yang hilang dikarenakan biasanya ada yang terburu-buru ingin pulang.

“Kami juga akan siapkan tim lost and found yang akan mengecek di dalam pesawat atau pun di bandara. Jadi kalau ada barang yang tertinggal atau hilang itu bisa dicarikan dan dikembalikan, kemudian untuk kelancaran keamanan juga,” katanya.

Sementara itu, Wakil Direktur Transportasi INASGOC Sudjianto Adji, mengatakan pemulangan atlet akan digunakan Terminal 1 dan 2 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sistem shuttle bus akan dioperasikan setiap 1 jam sekali untuk mengantarkan atlet, offisial, dan media dari negara lain.

Adapun untuk tim yang datang dalam jumlah besar, seperti Tiongkok dan Korea Selatan akan menggunakan sistem kelompok (grouping) apabila ada permintaan dari pihak Komite Olimpiade Nasional (NOC) mereka. Sudjianto menambahkan, untuk kepulangan atlet disediakan kendaraan dalam jumlah besar. Satu-satunya kendala adalah terbatasnya lapangan parkir yang tersedia di Bandara.

Pada penyelenggaraan Asian Games, INASGOC mendapat bantuan dari pihak sponsor, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Kemenhub membantu penyediaan bus besar sebanyak 250 buah, sementara Dishub menyediakan 1.338 kendaraan yang terdiri dari 421 kendaraan premium untuk VIP, kendaraan bus mikro sebanyak 212 buah, 300 bus biasa, 200 box engkel, dan 205 mobil MPV. Sedangkan dari INASGOC menyediakan 500 mobil sewaan.

“Jadi nanti akan ada 200 bus besar yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan, kemudian sisanya ada kendaraan kecil, box dan sebagainya karena memang kontrak kami dengan dinas perhubungan itu sampai tanggal 4 sehingga tak ada pengurangan kendaraan yang signifikan dan Insha Allah kepulangan atlet dan offisial bisa lancar” Sudjianto.(L/R04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)