India-Pakistan Tarik Diplomat di Tengah Sengketa

Islamabad, 3 Shafar 1438/3 November 2016 (MINA) – dan telah memutuskan untuk menarik diplomat mereka saat ketegangan antara dua kekuatan nuklir di kawasan Asia Selatan itu terus meningkat.

Menurut laporan, Vikas Swarup, juru bicara Kementerian Luar Negeri India, mengonfirmasi pada Rabu (2/11) bahwa New Delhi telah memutuskan menarik delapan diplomatnya yang ditempatkan di Islamabad.

Pejabat India itu mengatakan alasan utama penarikan karena mereka diidentifikasi di media Pakistan sebagai tersangka mata-mata.

“Mereka (Pakistan) memasukkan ke dalam domain publik delapan nama, dan enam dari orang-orang ini telah angkat kaki. Kami akhirnya akan menarik semua delapan orang itu,” kata Swarup seperti dilaporkan Pars Today yang dikutip MINA.

Keputusan tersebut muncul beberapa jam setelah sejumlah laporan menyebut Pakistan telah merencanakan pengusiran lima diplomat India atas tuduhan spionase. Mereka mengatakan pihak berwenang Pakistan telah menemukan sebuah ‘jaringan agen mata-mata India’ yang diduga bekerja di kedutaan besar India di Islamabad dan sedang menunggu persetujuan Perdana Menteri Nawaz Sharif untuk mengusir sejumlah diplomat India.

Sumber-sumber di Islamabad dan New Delhi mengatakan pada Rabu bahwa Pakistan juga telah menarik enam diplomatnya dari India.

Swarup menegaskan, para diplomat Pakistan telah meninggalkan ibu kota India pada hari sebelumnya, menolak klaim yang berkembang media bahwa mereka diusir.

Ketegangan diplomatik dimulai pekan lalu ketika New Delhi memerintahkan satu pegawai Komisi Tinggi Pakistan angkat kaki dari India, menudingnya sebagai mata-mata. Islamabad pun bereaksi keras dan mengusir salah satu utusan India. (T/P022/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.