INDONESIA AJAK QATAR TINGKATKAN INVESTASI

Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago (Antara/Andika Wahyu)
Menteri PPN/ Andrinof Chaniago (Antara/Andika Wahyu)

, 18 Rajab 1436/7 Mei 2015 (MINA) – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago telah melakukan kunjungan kerja ke Doha, , dengan tujuan utama mengundang investasi negara kaya minyak itu di Indonesia.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi undangan Menlu Qatar,  Dr. Khalid Mohammed Al-Attiyah, guna membahas berbagai potensi kerja sama antara Indonesia dan Qatar, terutama di bidang investasi, kata Kemenlu dalam sebuah pernyataan yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Mengawali  pertemuan dengan Menlu Attiyah, Andrinof menjelaskan misi utama kunjungan ke Qatar kali ini adalah dalam rangka meningkatkan kerja sama dengan Qatar, khususnya dalam mendukung prioritas pembangunan Indonesia di bidang ketahanan pangan, energi, pariwisata, industrial manufaktur, dan kemaritiman.

Attiyah menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menteri Andrinof dan menggarisbawahi pentingnya Indonesia bagi Qatar, tidak hanya karena kedua negara memiliki kedekatan agama, tapi karena begitu banyak potensi kerja sama yang perlu digarap lebih serius demi kepentingan kedua belah pihak.

Attiyah menyampaikan dirinya secara khusus mengikuti perkembangan di Indonesia dan kagum atas capaian Indonesia selama ini, baik di tataran regional maupun internasional.

Menlu Attiyah secara spesifik menjelaskan bahwa Indonesia adalah mitra penting Qatar untuk mendukung proses perdamaian di Timur Tengah.

Berkenaan dengan investasi, Menlu Qatar itu menjelaskan,  ia ingin melakukan kunjungan ke Indonesia untuk membahas implementasi investasi Qatar di Indonesia, dengan membawa sejumlah pengusaha dan investor Qatar. Menlu Qatar juga akan mendorong badan usaha milik negara, Hassad Food, untuk berinvestasi di Indonesia.

Usai melakukan pertemuan dengan Menlu Qatar, Menteri Andrinof melakukan pertemuan dengan Menteri Perencanaan dan Statistik Qatar, Dr. Salah Bin Mohammad Al Nabit. Menteri Salah menyampaikan keinginannya untuk menjalin kerja sama yang serius dengan Indonesia dengan menginisiasi pembuatan MoU antara kedua instansi. Disampaikan bahwa Qatar tertarik untuk belajar dari Indonesia mengenai perencanaan pembangunan, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Sebelumnya, pada hari pertama kunjungan, Andrinof melakukan pertemuan dengan Menteri Energi dan Industri Qatar, Mohamed bin Saleh al Sada, dan Penasehat Khusus Hassad Food, sebuah BUMN terpenting di Qatar yang bergerak di bidang pertanian, pangan, dan livestock.

Pada kedua pertemuan tersebut, secara konsisten Menteri Andrinof menyampaikan prioritas pembangunan Indonesia, dan berharap adanya kerja sama investasi Indonesia-Qatar dalam bidang-bidang prioritas Indonesia dimaksud.

Investasi Qatar di Indonesia yang sudah berjalan dengan baik selama ini seperti Q-Tel (sebagai pemilik saham mayoritas PT. Indosat), dan bank QNB Kesawan diharapkan dapat terus diperhatikan untuk kepentingan kedua negara.

Selain itu, Chaniago juga mengharapkan komitmen Qatar untuk berinvestasi sebesar USD 1 Milyar di Indonesia  dapat segera direalisasikan.

Dalam kunjungannya ke Qatar ini, Andrinof juga melakukan pertemuan dan dialog dengan Masyarakat Indonesia di Qatar.(L/R04/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0