Indonesia, Hungaria Sepakat Dukung Perdamaian Palestina

Foto: Kemlu RI

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, Indonesia dan Hungaria menyambut baik prospek kelanjutan proses perdamaian antara Israel dan Palestina.

Hal tersebut ia sampaikan seusai menerima kunjungan Peter Szijjarto di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa (16/2).

Kedua Menlu berharap upaya penyelesaian konflik yang telah berlangsung lama itu mendapat dukungan dari dunia internasional.

“Kami berharap masyarakat internasional juga dapat mendukung upaya-upaya untuk mencapai solusi yang adil dan permanen untuk isu Palestina sesuai dengan parameter yang disetujui secara internasional,” kata Menlu Retno dalam keterangan pers secara daring.

Selain itu, kedua Menlu juga membahas isu kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, diplomasi, serta terkait penyediaan vaksin.

Meski di tengah situasi pandemi, perdagangan dua arah di antara kedua negara mengalami peningkatan dengan total perdagangan senilai USD 212 juta di tahun 2020.

“Yang berarti peningkatan lebih dari 13,25 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Menlu RI.

Namu Retno juga menyampaikan keprihatinan Indonesia terhadap diskriminasi komoditas minyak kelapa sawit di Uni Eropa.

Ia berharap kemitraan Strategis ASEAN-Uni Eropa pada bulan Desember lalu akan memberikan kesempatan kedua pihak untuk meningkatkan pemahaman dan mencegah diskriminasi terhadap produk-produk minyak kelapa sawit, antara lain melalui Joint Working Group on Vegetable Oils. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)