Indonesia Jajaki Kerjasama Dengan Negara Terkecil di Dunia

Yaren, MINA – Duta Besar RI Benyamin Carnadi menawarkan kerja sama dengan negara , salah satu negara terkecil di dunia di bawah akreditasi di Fiji yang mengeluhkan mahalnya biaya pengapalan dari Australia hingga mencapai 9.000 dolar Australia per kontener.

Hal ini disampaikan dalam perbincangan dengan Benyamin Carnadi yang baru saja menyerahkan surat-surat kepercayaannya selaku Duta Besar RI kepada Presiden Republik Nauru, Baron Divavesi Waqa, demikian keterangan tertulis KBRI Suva yang diterima MINA, Kamis (14/3).

“Mahalnya biaya pengapalan ini berimbas kepada harga produk Indonesia yang banyak diimpor oleh negara-negara kepulauan Pasifik seperti Nauru, menjadi mahal dan kalah bersaing dengan produk serupa yang masuk dari negara lain, seperti Tiongkok,” kata Dubes Benyamin.

Untuk itu, dia akan menjajaki perusahaan ekspedisi Indonesia yang bersedia membuka jalur pelayaran ke kawasan Pasifik utamanya dari wilayah Timur Indonesia.

Upaya ini akan saling menguntungkan karena akan menghidupkan interaksi ekonomi antara provinsi-provinsi di wilayah Timur Indonesia dengan negara-negara kepulauan di Pasifik Selatan, sehingga akan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru seiring dengan meningkatnya pembangunan infrastruktur di Timur Indonesia.

Wilayah Nauru berada di kawasan Pasifik yang terdiri dari satu pulau karang atoll seluas 21 km2 dengan penduduk kurang lebih 11.000 jiwa.

Nauru, negara kepulauan yang terletak di Timur Indonesia ini pernah tajam dalam menyoroti isu penegakan HAM di Papua, namun setelah Presiden Waqa beberapa kali berkunjung ke Indonesia, pemerintahannya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Indonesia dari berbagai aspek, dan sekarang menjadi sahabat RI di Pasifik. (R/Sj/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.