Indonesia Juara Umum 19th World Pencak Silat Championship 2022

Melaka, MINA – Tim Indonesia berhasil menjadi diajang 19th World , Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022 yang digelar di Melaka International Trade Centre (MITC), Malaysia pada 25-31 Juli 2022.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB ), Prabowo Subianto mengapresiasi atlet-atlet Merah Putih yang sudah mengantarkan Indonesia menjadi juara umum 19th World Pencak Silat Championship 2022 (Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022).

Indonesia membawa pulang total 11 medali emas, 9 perak, dan 8 perunggu. Hasil itu membawa kontingen Merah Putih menjadi juara umum. Demikian dalam keterangan yang diterima MINA, Senin (1/8).

Prabowo, yang juga Presiden International Pencak Silat Federation (IPSF) atau Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (), memberikan apresiasi setinggi-tingginya buat para juara di ajang Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022 termasuk para atlet Indonesia.

“Saya mengucapkan rasa hormat saya kepada seluruh atlet yang sudah menyelesaikan kejuaraan ini dengan keberanian, sportivitas, dan semangat pendekar pencak silat. Selamat kepada para juara dalam kompetisi ini,” kata Prabowo saat memberikan sambutan dalam menutup ajang The 19th World Pencak Silat Championship.

Di sisi lain, Prabowo Subianto juga menegaskan ke seluruh atlet dari berbagai belahan dunia yang ikut bertanding di 19th World Pencak Silat Championship bahwa pencak silat lebih dari sekadar menang atau kalah.

“Terima medali atau tidak, Anda semua pemenang karena pencak silat bukan hanya soal menang atau kalah, melainkan soal membela yang benar, membela yang baik, membela yang lemah. Pencak silat memegang nilai kemanusiaan,” ujarnya.

“Anda semua di sini dari berbagai belahan dunia mengorbankan diri Anda membuktikan komitmen Anda untuk kemanusiaan dan perdamaian dan persaudaraan. Ini adalah nilai sebenarnya dari pencak silat: persaudaraan, persahabatan, perdamaian,” lanjutnya.

Dalam turnamen ini, Indonesia menjadi negara kedua yang paling banyak mengirimkan wakilnya. Yakni tercatat ada 37 pesilat yang tampil. Sedangkan Vietnam menjadi negara terbanyak yang mengirimkan atletnya yakni dengan total 38 pesilat.

Sementara itu, Malaysia selaku tuan rumah mengirimkan 36 pesilat, jumlah yang sama dengan India yang juga berpartisipasi dalam kejuaraan bergengsi ini.

Selain Indonesia dan Malaysia, sejumlah negara baik dari benua Asia maupun Eropa juga turut berpartisipasi.

Yakni Aljazair, Azerbaijan, Bangladesh, Brunei Darussalam, Kanada, Jerman, Iran, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Laos. Kemudian Belanda, Pakistan, Filipina, Singapura, Thailand, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Uzbekistan.

Berikut perolehan medali Indonesia selaku juara umum dalam gelaran The 19th World Championship Pencak Silat 2022 (Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022) di Melaka, Malaysia:

Emas:
1. Tunggal Putri ( Puspa Arumsari )
2. Solo Kreatif Putra ( Syarief Hidayatullah )
3. B Putri ( Safira Dwi M )
4. C Putri ( Jeny Elvis)
5. D Putri ( Atifa Fismawati )
6. E Putri ( Pipit Kamela )
7. 8. C Putra ( M. Yachser )
9. Open 2 Putra ( Aji Bangkit )
10. 11. A Putra ( Khoirudin Mustakim )

Perak
1. Solo Kreatif Putri ( Puspa Arumsari )
2. Ganda Putri ( Ririn Rinasih & Riska Hermawan )
3. Regu Putra ( Asep Yuldan Sani, Rano Slamet Nugraha , Anggi Faisal Mubarok )
4. H Putri ( Fransiska Sandra )
5. G Putri ( Nia Larasati )
6. G Putra ( I Kadek Wahyu )
7. J Putra ( Rangga Andika )
8. D Putra ( Hanifan YK )
9. F Putra ( Iqbal Chandra P )

Perunggu
1. Ganda Putra ( Anom Wiraguna & Nyeneng Jaya Wiguna )
2. Regu Putri ( Riva Hijriah, Riana Oktavia , Eny Tri Susilowati )
3. Open 1 Putra ( Eko Febrianto )
4. E Putra ( Syapik Abizenna )
5. B Putra ( Abdul Malik )
6. Open 1 Putri ( Fransiska Sandra Dewi )
7. F Putri ( Dyah Purnama Sari )
8. A Putri ( Dinda Nuraidha )
(R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.