Indonesia-Rusia Perkuat Kerjasama Bidang Penanggulangan Bencana

Moskow, MINA – Pemerintah Indonesia dan Rusia sepakat untuk memperkuat kerjasama dalam bidang penanggulangan bencana.

Kesepakatan tersebut tercipta pada pertemuan antara Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan RI (Menko Polhukam), Wiranto dan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolay Patrushev di Moskow, Rusia, Rabu (13/2).

Dalam keterangan tertulis yang diterima MINA pada Jumat (15/2), selama berada di Moskow, Menko Polhukam melakukan kunjungan ke Radio Technics Institute (RTI) dan Roscosmos (State Corporation for Space Activities) untuk melihat kemampuan teknologi Rusia dalam penanganan, pengendalian serta memprediksi terjadinya bencana alam.

Selain itu, kedua pihak juga setuju untuk memperkuat kerja sama dalam bidang keamanan, perlawanan terorisme, keamanan siber, dan memelihara stabilitas keamanan kawasan dan global.

Untuk itu, kedua belah pihak sepakat untuk memperkuat kerja sama tukar menukar informasi data teroris dan sumber jalur keuangan bagi pendanaan terorisme.

Indonesia juga menyambut baik dukungan Rusia terhadap konsep Indo-Pacific yang diajukan Indonesia yang menurut Rusia lebih realistis dan mengakui peran sentral ASEAN.

Sementara itu, Rusia mengharapkan dukungan Indonesia, selaku koordinator kerjasama ASEAN-Rusia saat ini, untuk mendorong terwujudnya kerjasama yang lebih konkrit antara ASEAN dengan Shanghai Cooperation Organization (SCO). (R/Sj/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.