Indonesia Serahkan Bantuan Alat Kesehatan Bagi Myanmar

foto: TNI AU

​Yangon, MINA – Indonesia menyerahkan batuan alat kesehatan berupa masker KN95, alat pelindung diri (APD) dan sarung tangan medis senilai USD 200.000 untuk Myanmar.

Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock Hoi, menyampaikan terima kasih kepada Indonesia dan penyumbang pertama lain, yakni Filipina, Thailand, dan Turki serta Temasek Foundation International. Para pihak tersebut memberikan bantuan kepada Myanmar senilai USD 1,1 juta.

Bantuan yang diserahkan secara resmi oleh ASEAN melalui pertemuan secara virtual pada Rabu (15/9) tersebut akan dimanfaatkan dalam penanggulangan Covid-19, sekaligus sebagai bentuk implementasi Five Point Consensus yang disepakati para Pemimpin ASEAN pada April 2021.

Menurut keterangan pers Kedutaan Besar RI (KBRI) Yangon, AHA Centre selaku koordinator dukungan kemanusiaan akan bekerja sama dengan Myanmar Red Cross Society (MRCS) untuk mendistribusikan bantuan kepada pihak-pihak yang paling terdampak di Myanmar.

Di samping itu, KBRI Yangon ditunjuk sebagai salah satu anggota ASEAN Monitoring Team (AMT) yang bertugas mengawasi, melaporkan dan mengevaluasi seluruh tahap penyaluran bantuan kemanusiaan ASEAN.

Penyaluran bantuan kemanusiaan dimaksud terbagi dalam tahap I (life-saving) dan tahap II (life-sustaining).

Pada tahap I akan berlangsung selama Agustus – Desember 2021, bantuan dari berbagai negara yang difokuskan untuk penanganan pandemi Covid-19 diharapkan masih akan terus berdatangan. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)