Indonesia-UAE Genjot Kerja Sama Ekonomi

Foto: DW

Abu Dhabi, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi bekerja sama dengan Kedutaan Besar Uni Emirat Arab di Jakarta akan selenggarakan Indonesia-United Arab Emirates Week pada 15-21 Desember 2020 dalam rangka meningkatkan kedua negara.

Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis menyatakan, dalam pertemuan itu akan digelar berbagai pertemuan dan peresmian berbagai kerja sama kedua negara, khususnya di bidang ekonomi dan investasi.

“Kedekatan pemimpin kedua negara harus dilihat sebagai suatu modal yang positif bagi pengusaha dan perusahaan di kedua negara. Ini merupakan golden period bagi diplomasi ekonomi antara kedua negara,” lanjutnya.

Sejumlah rangkaian kegiatan yang digelar di pekan tersebut, antara lain adalah ​peresmian pembukaan Kantor Cabang First Abu Dhabi Bank (FAB) di Jakarta dan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Binawan dan National Ambulance UEA.

Selain itu, di pekan yang sama juga akan diadakan sejumlah pertemuan antara Delegasi UEA dengan mitra potensial di Indonesia guna penjajakan kerja sama.

Delegasi UE​A terdiri dari beberapa perusahaan dari berbagai sektor, seperti pertanian, perbankan, energi terbarukan, industri pompa, properti, pembangkit listrik, dan ritel. Dua di antaranya yaitu: Abu Dhabi Developmental Holding Company (ADQ) dan Silverpumps.

Menurut siaran pers Kementerian Luar Negeri RI, UEA menyumbang USD 259 juta dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Angka ini terbilang belum signifikan bila dibandingkan dengan potensi dan total realisasi investasi yang masuk ke Indonesia dalam kurun waktu yang sama, yang mencapai angka USD 169 miliar. Nilai investasi UEA terdiri dari 338 proyek investasi dan menyerap kurang lebih 9.900 tenaga kerja. (R/RE1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.