ISIS SINAI KLAIM TEMBAK PESAWAT SIPIL RUSIA

Islamic State (ISIS?Daesh) Sinai klaim tembak jatuh pesawat penumpang Rusia di Sinai, Mesir, Sabtu, 31 Oktober 2015. (Gambar: ARA News)
(?Daesh) Sinai klaim tembak jatuh pesawat penumpang Rusia di Sinai, Mesir, Sabtu, 31 Oktober 2015. (Gambar: ARA News)

Sinai, Mesir, 19 Muharram 1437/1 November 2015 (MINA) – Kelompok Islamic State (ISIS/Daesh) di Semenanjung Sinai mengaku bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat penumpang Rusia A321 di Sinai, Mesir.

“Pejuang Islamic State mampu menjatuhkan sebuah di atas provinsi Sinai yang membawa lebih 220 tentara salib Rusia. Mereka semua tewas, syukur kepada Allah,” kata pemimpin kelompok itu yang dikutip oleh media pro-ISIS, Sabtu (31/10), ARA News melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Operasi ini dilakukan dalam menanggapi serangan yang dilakukan pesawat-pesawat tempur Rusia yang sejauh ini menyebabkan kematian ratusan Muslim, termasuk perempuan dan anak-anak di wilayah Suriah,” kata kelompok afiliasi ISIS di Suriah dan Irak itu.

Namun kelompok itu tidak mengatakan bagaimana pesawat itu bisa dijatuhkan, tapi aktivis pro-ISIS mengedarkan video di media sosial yang mengklaim mereka mampu menembak jatuh pesawat Rusia itu.

Sementara itu Pemerintah Rusia membantah klaim tersebut dengan mengatakan, kecelakaan disebabkan oleh masalah teknis.

Menurut sebuah laporan, militan ISIS di provinsi Sinai memiliki beberapa senjata anti pesawat yang disebut MANPADS.

Namun para ahli keamanan mengatakan, tidak mungkin bagi ISIS untuk menyerang pesawat seperti Airbus saat terbang di ketinggian 31.000 kaki. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0