Israel Serang Pos Suriah di Perbatasan Golan

Dataran Tinggi Golan, MINA – Militer Israel melancarkan serangan udara pada sebuah pos pada  sisi Suriah yang berbatasan dengan Dataran Tinggi Golan yang diduduki, Jumat (6/7), sumber dari kedua belah pihak mengatakannya.

Serangan udara Israel menargetkan sebuah bukit di desa Khan Arnabeh di provinsi Quneitra tanpa menimbulkan korban, kata seorang komandan dalam aliansi regional pro-Damaskus kepada Reuters, demikian The New Arab melaporkan.

Militer Israel mengatakan, pihaknya meluncurkan serangan setelah tembakan mortir dari Suriah menghantam dekat pagar keamanan Israel.

Tembakan itu diduga berasal dari pertempuran internal antara pasukan pemerintah Suriah dengan oposisi.

Militer Israel mengatakan, pihaknya “tidak terlibat dalam pertempuran internal di Suriah,” tetapi mereka akan terus menerapkan Kesepakatan Pemisahan Pasukan 1974 yang termasuk mempertahankan zona penyangga.

Suriah dan Israel tidak pernah menandatangani perjanjian perdamaian resmi.

Israel merebut 1.200 kilometer persegi (460 mil persegi) Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam Perang Enam Hari 1967 dan kemudian mencaploknya, dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)