Israel Tembak Mati Wartawati Senior Al-Jazeera

, MINA- Wartawati senior media Al-Jazeera Syirin Abu Aqilah gugur karena luka tembak di kepala saat melakukan peliputan baku tembak antara Jihad Islam dan Pasukan Israel di Provinsi Jenin, Palestina Rabu (11/5).

Ia terluka di bagian kepala dengan menggenakan helm dan rompi press berwarna biru

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, terdapat satu wartawan Palestina Ali Samudi, yang bekerja untuk surat kabar Al-Quds juga luka tembak di punggung dalam peristiwa itu.

Pejabat kesehatan Palestina menegaskan dari hasil pemeriksaan dokter dan saksi di lapangan Syirin dan Ali terkena tembakan dari tentara Israel.

Sementara itu, Juru bicara militer Israel Ran Kochav mengatakan, dalam pertempuran, wartawan atau warga sipil di lokasi kejadian bisa saja terkena tembakan. Lanjutnya, ia menyebut militer Israel akan menyelidiki kematian Syirin dan Ali yang terkena tembakan.

Media Al-Jazeera yang berkantor di Doha Qatar meminta komunitas internasional mengecam dan menuntut pertanggungjawaban Israel karena sengaja menargetkan Syirin.

Syirin merupakan generasi pertama waratawan Al-Jazeera, ia dilahirkan di Yerusalem pada 1971 dan meraih gelar sarjana dalam bidang jurnalisme dan media dari Universitas Yarmuk, Yordania.

Syirin memang selalu merasa menjadi sasaran Israel. Liputannya paling berkesan ketika dia memotret kondisi tahanan Palestina di penjara di Kota Ashkelon (Asqalan dalam bahasa Arab), selatan Israel.

Sejak peristiwa serangan terhadap Al-Aqsa si bulan Ramadhan, Israel semakin sering meningkatkan operasi militer di Jenin dan seantero wilayah Tepi Barat. (T/RA-1/B04)

Miraj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.