Israel Terima Surat dàri ICC Terkait Kejahatan Perang di Palestina

Tel Aviv, MINA – Media lokal melaporkan, negara itu telah menerima surat resmi dari di Den Haag, Belanda, yang menjelaskan cakupan penyelidikan kejahatan perang di .

Menurut Saluran 13 Israel pada Kamis, itu meminta Israel menanggapi surat tersebut dalam waktu 30 hari, demikian dikutip dari Anadolu Agency, Jumat (19/3).

Baik ICC maupun Israel belum mengkonfirmasi pengiriman atau penerimaan surat tersebut.

Kepala Jaksa ICC Fatou Bensouda pada awal bulan ini mengumumkan peluncuran investigasi kejahatan perang atas wilayah Palestina, yang telah diduduki Israel sejak 1967.

Palestina menyambut baik penyelidikan tersebut, sementara Israel mengatakan tidak akan bekerja sama dengan pengadilan itu.

Baca Juga:  Hamas: Israel Tolak Proposal Genjatan Senjata yang Diajukan Mediator

Saluran Israel tersebut mengatakan surat itu dikirim pada akhir pekan dan Dewan Keamanan Nasional Israel telah bertemu untuk merumuskan tanggapan resmi.

Saluran 13 Israel menambahkan, surat itu mencakup tiga topik utama: perang 2014 di , kebijakan permukiman Israel, dan demonstrasi Great March of Return di Gaza pada 2018.

Sementara itu Presiden Israel Reuven Rivlin telah memulai kunjungan resmi ke Eropa yang bertujuan untuk meyakinkan negara-negara Eropa agar menekan pengadilan internasional itu dan membatalkan penyelidikannya.

Israel menuduh bahwa ICC tidak memiliki wewenang untuk membuka penyelidikan semacam itu dan berharap terus menunda kasus tersebut sampai Bensouda digantikan pada bulan Juni ini oleh Karim Khan, seorang anggota parlemen Inggris yang diharapkan menguntungkan Israel. (T/RE1/P1)

Baca Juga:  Houthi Ancam Israel Jika Lakukan Serangan Darat ke Rafah

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.