ITS Juara Umum FIRA Hurocup 2017 di Taiwan

(Foto: Kemenristekdikti)

Taiwan, MINA – Tim robot Ichiro dari kontingen Institut Teknologi Sepuluh Nopember () Surabaya kembali meraih prestasi di ajang internasional, setelah sebelumnya merebut gelar juara dua pada Kontes Robot Indonesia (KRI).

Dengan merebut piala juara umum, tim Ichiro telah menyelesaikan kompetisi Federation of International Robot-Soccer Association Humanoid Robot Cup (FIRA Hurocup) 2017, yang dogelar sejak 23 Agustus di Kaohsiung, Taiwan.

Menurut Capaian tim Ichiro, prestai itu membanggakan karena tahun sebelumnya telah mengikuti kontes yang sama dan membawa pulang 10 penghargaan. Tahun ini, ITS merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia pada kontes tersebut.

Peningkatan tersebut bukan hanya kabar baik bagi ITS Surabaya, namun kabar baik bagi Indonesia bahwa anak bangsa sekali lagi berprestasi di kancah Internasional, katanya.

Pembina UKM Robotika ITS, Muhtadin berharap kemenangan tersebut tetap menjadikan tim Ichiro rendah hati namun tetap punya semangat besar untuk berkompetisi membawa nama baik Indonesia di ajang internasional.

“Saya berharap semangat ini menular ke tim-tim robot yang lain sehingga nama Indonesia menjadi besar dalam bidang Robotika,” katanya dalam laman Kemenristekdikti, Senin (28/8).

Dia juga mengharapkan ada sinergi antara tim-tim robot yang dimediasi oleh kementerian “sehingga percepatan penguasaan teknologi robot dapat dicapai, dan semakin banyak tim-tim robot yang hebat.”

Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa, Didin Wahidin juga menyatakan kebanggaannya atas kemenangan tersebut. “Keluarga besar Ditjen Belmawa turut bangga dan bahagia bahwa ITS telah mengangkat harkat dan derajat bangsa Indonesia dalam lomba bergengsi di tingkat dunia.”

Ini makin memperkuat kepercayaan diri anak-anak bangsa dan optimis bahwa bangsa ini adalah bangsa besar yang siap memenangkan persaingan di masa datang. “Terima kasih ITS. Hidup mahasiswa ITS! Hidup mahasiswa Indonesia!” kata Didin. (R/R09/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)