Jajak Pendapat: Warga Ukraina Salahkan Zelensky Atas Korupsi yang Meluas

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Instagram.com/zelensky_official)

Kyiv, MINA – Mayoritas warga Ukraina meyakini bahwa Presiden bersalah atas yang meluas di pemerintahan dan militer negara tersebut, demikian diungkap oleh sebuah studi baru.

Jajak pendapat tersebut, yang dirilis pada Senin (11/9), menemukan bahwa 78% orang dewasa Ukraina melihat Zelensky adalah orang “yang bertanggung jawab langsung” atas masalah korupsi di Kyiv. Jajak pendapat ini dilakukan oleh Yayasan Amal Inisiatif Demokratik Ilko Kucheriv dan Institut Sosiologi Internasional Kyiv. Rt.com melaporkan.

Sebelum peluncuran serangan militer Rusia pada bulan Februari 2022, Ukraina secara konsisten berada di antara negara-negara paling korup di dunia, tetapi Ukraina disebut-sebut sebagai benteng kebebasan dan demokrasi ketika Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya menggalang dukungan publik untuk bantuan besar-besaran ke Kyiv.

Namun, korupsi di Ukraina masih menjadi kekhawatiran dan dapat menghambat upaya negara tersebut untuk bergabung dengan Uni Eropa, kata seorang diplomat Barat yang tidak disebutkan namanya kepada Politico pada Senin.

Ukraina adalah “negara yang sangat korup,” kata diplomat tersebut, seraya menambahkan bahwa rencana Zelensky untuk menggunakan Dinas Keamanan Ukraina (SBU) untuk mengadili kasus korupsi dapat “mengirimkan pesan yang salah.”

Setelah mendarat di Kyiv untuk kunjungan mendadak pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock dilaporkan mengatakan, Ukraina perlu meningkatkan upayanya untuk memerangi korupsi.

Jajak pendapat di Ukraina dilakukan mulai 3 Juli hingga 17 Juli melalui wawancara tatap muka dengan ribuan warga di seluruh negeri. Tidak ada perbedaan besar dalam temuan berdasarkan wilayah atau faktor sosial ekonomi.

Responden berusia 60 tahun ke atas mempunyai pandangan yang lebih keras, dengan 81% mengatakan bahwa Zelensky bertanggung jawab atas korupsi pemerintah. Angka tersebut mencapai 70% pada segmen termuda, berusia 17 hingga 29 tahun. Secara keseluruhan, hanya 18% orang dewasa Ukraina yang tidak setuju dengan pernyataan bahwa Zelensky memikul tanggung jawab. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.