Jaksa Agung AS Jeff Sessions Mundur Atas Permintaan Trump

Washington, MINA – Jaksa Agung AS Jeff Sessions pada Rabu (7/11) menyatakan mengundurkan diri atas permintaan Presiden Donald Trump.

Trump telah mengkritik Sessions dalam beberapa bulan, terutama atas penolakannya untuk mengawasi penyelidikan dugaan Rusia ikut campur dalam mendukung pemilihan Trump pada 2016.

Kepala staf Sessions, Matthew Whitaker, yang mengkritik penyelidikan, akan mengambil alih sementara sebagai Jaksa Agung. NBC News melaporkan.

Penasihat Khusus Robert Mueller sedang menyelidiki dugaan kolusi antara kampanye Trump dan Rusia.

Investigasi Mueller yang luas telah menghasilkan serangkaian tuntutan kriminal terhadap beberapa rekan Trump.

Dalam akun twitter @realDonaldTrump, menyebutkan, “Kami berterima kasih kepada Jaksa Agung Jeff Sessions atas layanannya, dan mendoakannya dengan baik! Penggantian permanen akan dinominasikan di kemudian hari.”

Dalam surat pengunduran diri Sessions, sebelumnya senator Alabama yang merupakan pendukung awal Trump, menjelaskan bahwa keputusan untuk pengunduran dirinya bukan miliknya.

“Bapak Presiden yang terhormat, atas permintaan Anda, saya mengajukan pengunduran diri saya,” tulisnya.

“Yang paling penting, pada masa saya sebagai jaksa agung, kami telah memulihkan dan menegakkan supremasi hukum,” Sesi menambahkan, sambil berterima kasih kepada presiden.

Relasi antara Trump dan Sesi memburuk pada tahun 2017

“Jelas, presiden memiliki sesuatu yang disembunyikan,” kata pemimpin oposisi Partai Demokrat Senat Chuck Schumer. (T/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)