Jalan Rumit Dokter Imigran Mengabdi di Amerika Serikat

Seorang pekerja memegang tanda meminta registrasi sebelum memasuki fasilitas pengujian drive-thru COVID-19 di Stadion Dodger pada 28 Mei 2020 di Los Angeles, California. (Foto: Harry How - Getty Images)

Jauh sebelum Ahmed Al-Sarray memulai sekolah kedokteran di Baghdad, dia berniat ingin membuat perbedaan dalam kehidupan orang banyak.

Pada saat ia lulus tahun 2015, cita-citanya berkembang menjadi hasrat untuk perawatan kesehatan di saat krisis. Ruang medis yang sangat melelahkan seperti ruang gawat darurat dan bangsal trauma rumah sakit di Baghdad yang dilanda perang tidak cukup untuk menyurutkan semangatnya.

Akan tetapi para militan itu. Ketika milisi yang saling berperang membanjiri bangsal darurat mulai tahun 2017, Al-Sarray mendapati dirinya berjuang untuk hidupnya sendiri, seperti halnya para pasiennya. Para pemimpin milisi menuntut agar dia merawat para pejuang mereka di depan pasien-pasien lain. Mereka mengancam akan membunuhnya jika dia merawat musuh-musuh mereka.

Setelah kehilangan rekannya dalam satu serangan, Al-Sarray memutuskan melarikan diri ke (AS). Ia mendapat suaka tahun 2018.

Ketika COVID-19 melanda rumah sewaan Al-Sarray di Los Angeles, dia pikir itu adalah kesempatan yang sempurna untuk menggunakan latar belakang medisnya.

“Saya memiliki keterampilan, saya memiliki pelatihan, saya memiliki hasrat untuk membantu,” katanya.

Namun, ia tidak memiliki lisensi medis Amerika. Al-Sarray tidak dapat melakukan praktik kedokteran di negara itu, karena aturan lisensi yang ketat untuk dokter asing.

Alih-alih bekerja sebagai dokter, Al-Sarray melakukan apa yang dia pandang sebagai hal terbaik, yaitu membantu Kota Los Angeles dengan menawarkan tes COVID-19 kepada siapa pun yang menginginkannya. Dia bekerja sebagai petugas keamanan di lokasi pengujian di Dodger Stadium, tempat pertandingan baseball biasa diadakan. Namun, saat itu yang ada adalah 6.000 tes dilakukan setiap hari.

Dia mengaku kecewa berada di garis depan, membantu pasien yang sakit di rumah sakit.

“Tidak ada obat, tidak ada vaksin untuk COVID-19. Tes adalah bagian paling vital untuk menghentikan penyakit ini. Jadi jika saya dapat membantu menghentikan penyebaran, maka saya senang melakukan apa pun yang saya bisa sebagai respons terhadap pandemi ini,” katanya.

Ahmed Al-Sarray di pos tes COVID-19 Stadium Dodger di Los Angeles pada 30 Mei 2020. (Foto: Carlo Barrera)

Memulai dari awal

Menurut penelitian dari Migration Policy Institute, sebuah lembaga think tank, Al-Sarray yang menjadi COVID-tester hanyalah salah satu dari 165.000 pengungsi dan imigran yang memiliki pelatihan medis di AS, tetapi tidak dapat bekerja di bidangnya karena aturan perizinan.

Peraturan bervariasi dari satu negara bagian dengan negara bagian lainnya, tetapi pada umumnya semua calon dokter harus lulus ujian dewan medis lokal, kemudian mengajukan permohonan magang residensi tiga hingga lima tahun di rumah sakit pendidikan.

“Meskipun Anda telah berlatih selama bertahun-tahun di negara lain, ketika Anda datang ke Amerika, untuk mendapatkan lisensi, Anda harus mengulang program residensi,” kata Jacki Esposito, Direktur Kebijakan dan Advokasi AS di Layanan Pendidikan Dunia (WES), organisasi yang memberikan evaluasi kredensial untuk siswa internasional dan imigran yang berencana belajar atau bekerja di AS atau Kanada.

Proses aplikasi untuk program residensi yang terkenal sulit dan kompetitif bagi mahasiswa kedokteran Amerika, menjadi lebih menantang bagi dokter yang dilatih asing. Banyak program juga membatasi jumlah waktu yang diizinkan oleh seorang pelamar antara menyelesaikan sekolah kedokteran dan memulai residensi.

“Sebagian besar, tidak ada pengakuan atas pengalaman Anda di luar AS,” kata Esposito. “Jadi dokter yang dilatih secara internasional, hanya berdasarkan fakta bahwa mereka tidak berlatih di Amerika Serikat,” katanya.

Amerika Serikat tidak mengakui jam terbang dokter asing meski mereka telah berlatih lama di negara asalnya.

Dihadapkan dengan prospek studi bertahun-tahun, ujian mahal dan ketidakpastian, bahkan kualifikasi untuk tinggal sebelum mereka dapat mulai bekerja di bidangnya, banyak dokter migran dan pengungsi memilih pekerjaan yang menawarkan gaji lebih cepat. Beberapa dari mereka sekarang bekerja sebagai supir taksi atau petugas kebersihan.

Yang lain, seperti dokter Afghanistan berusia 35 tahun Ameena Yosefzaie, memilih bekerja menjaga anak dan mendorong DoorDash untuk memenuhi kebutuhan ketika mereka belajar untuk ujian medis, yang akan membuat mereka memulai kembali dari awal di AS, meskipun mereka memiliki tahun pengalaman di negaranya.

Seperti banyak yang lain, Yosefzaie sangat ingin membantu karena kurangnya profesional kesehatan di AS yang sudah lama ada, terutama di daerah pedesaan dan masyarakat yang kurang terlayani, dan menjadi semakin akut di tengah krisis COVID-19.

“Saya dengar ada kekurangan dokter dan perawat di California,” kata Yosefzaie, yang sekarang tinggal di Sacramento. “Ini membuat frustrasi. Saya berharap bisa membantu, tetapi saya tidak diizinkan bekerja sebagai dokter. Jadi mungkin saya bisa membantu dengan cara lain.”

Negara bagian longgarkan aturan

Di beberapa negara bagian, kebutuhan mendesak untuk para profesional perawatan kesehatan membantu menangani wabah ini mendorong para pejabat melonggarkan aturan.

Gubernur Colorado menandatangani perintah eksekutif yang mengizinkan profesional kesehatan berlisensi untuk berkontribusi dalam tanggapan COVID.

Gubernur New Jersey untuk sementara memberi wewenang kepada dokter-dokter asing yang bersertifikat untuk melayani dalam konteks tertentu.

Di New York, Gubernur Andrew Cuomo membiarkan dokter yang terakreditasi di luar negeri menyediakan perawatan pasien di rumah sakit jika mereka telah menyelesaikan setidaknya satu tahun pendidikan kedokteran pascasarjana di AS.

Ada juga banyak area lain, seperti pengujian atau pelacakan kontak, di mana pengalaman medis sangat berguna, bahkan jika lisensi dokter AS tidak diperlukan. Di situlah orang-orang seperti Al-Sarray dan Yosefzaie dapat berperan.

“Sebagian besar pengungsi dan imigran bekerja di negara ini, membayar pajak, dan tidak mendapat imbalan apa pun,” kata Al-Sarray. “Aku di sini untuk membantu. Tidak tertolong. Saya seorang dokter dan bekerja selama dua tahun di negara saya. Saya ingin menggunakan pengalaman itu untuk membantu rakyat Amerika. ”

Al-Sarray menemukan pekerjaan pengujiannya melalui platform online baru yang didirikan oleh Komite Penyelamatan Internasional (IRC), sebuah organisasi kemanusiaan yang menghubungkan para pengungsi di AS dengan kesempatan kerja dan pendidikan.

Portal tersebut, refugees.rescue.org, memungkinkan para pengungsi dan imigran dengan gelar medis dari luar negeri untuk mendaftarkan minat mereka bekerja dalam perang melawan COVID-19.

Dalam tawaran itu, mereka didasarkan apakah bersedia melakukan perjalanan. Mereka juga dapat memilih dibayar atau sekedar menjadi sukarelawan.

Lebih dari 540 profesional kesehatan dari 42 negara telah mendaftar sejak platform ini diluncurkan pada pertengahan Mei 2020. Mereka kebanyakan adalah dokter dan perawat, tetapi ada juga petugas pemadam kebakaran, dokter gigi, ahli mikrobiologi dan banyak lagi. (AT/RI-1/P1)

Sumber: Time

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.