JAMAAH HAJI LOKAL PULANG KE KOTA MASING-MASING

Foto: Arabnews.ocm
Foto: Arabnews.com

, 14 Dzulhijjah 1435/8 Oktober 2014 (MINA)- Sejumlah besar jamaah  telah kembali ke kota masing-masing setelah melakukan ibadah haji tahunan. Mereka mengatakan pelayanan haji tahun ini telah sukses dibanding musim haji sebelumnya.

“Ini adalah ketiga kalinya saya untuk melakukan haji dan saya harus mengatakan semua layanan yang disediakan tahun ini luar biasa. Mereka melakukan ibadah dengan lancar, semuanya sangat terorganisir, tentu berkat kerja keras dari pemerintah Saudi dengan para tentara  yang membantu kami dalam segala cara,” kata Hamza Saeed yang bertempat tinggal Yordania di .

Hamza mengatakan, mereka menerima makanan dengan kualitas baik, air murni, medis, dan jasa transportasi selama periode haji serta mengurangi perjalanan dan memungkinkan untuk berkonsentrasi dalam ibadah, seperti dilaporkan Arabnews yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ia juga mengatakan, demikian juga, beberapa jamaah haji domestik menikmati paket haji terjangkau yang ditawarkan oleh kementerian. Sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan ibadah dengan kemudahan dan kenyamanan.

“Sebelumnya kami mengeluh sebab biaya melakukan ibadah haji tinggi. Namun sekarang Kementerian Haji mengeluarkan layanan hemat biaya bagi jamaah lokal. Biro perjalanan haji juga memastikan, ketika melakukan perjalanan dari Riyadh ke tempat suci Mekkah dengan lancar dan Ibadah dengan tenang,” kata Ali Abdullah.

Ali menambahkan, Jumlah biaya total yang dikeluarkan hanya sekitar SR5,000 untuk tiga orang, sedangkan sebelumnya mencapai sekitar SR10,000 per tiga orang. Ia merasa senang bahwa haji berjalan dengan sangat baik dan yang paling penting layanan yang diberikan kepadanya sangat besar.

Jamaaah haji lokal berterimkasih kepada Saudi Arabian Asosiasi Pramuka (SASA) atas dukungan mereka dalam membuat gerakan agar mendapatkan pelayanan lebih mudah di dalam tempat suci.

 

sementara, warga asal yang tinggal di Jeddah, Faiz Khan mengatakan, anaknya telah sepuluh tahun hilang selama perjalanan dari Mina ke Arafah, tetapi dengan bantuan para tentara dapat ditemukan dalam satu jam.

“Saya benar-benar berterima kasih dan menghargai jasa mereka. Para tentara tersebar di seluruh titik tempat suci membantu jamaah haji menemukan jalan dan membantu anak-anak dan orang tua,” kata Faiz Khan.

Namun, banyak dari mereka menyatakan ketidakpuasan terhadap pelayanan yang menawarkan sejumlah paket haji dengan membayar uang yang besar.

“Kami berharap pemerintah meningkatkan jumlah jamaah haji domestik, mengurangi biaya paket haji tahun depan, sehingga terjangkau bagi orang di golongan berpenghasilan rendah,” kata Yousef, penduduk dari Jeddah. (T/P010/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0