Jelang Iedul Adha, Warga Bersihkan Puing Masjid Untuk Shalat Ied

Lombok, MINA – Warga Lombok mulai membersihkan puing-puing reruntuhan Masjid untuk persiapan Sholat Iedul Adha.

Wartawan Mi’raj News Agency (MINA), di lokasi bencana, Senin, (20/8), melaporkan warga Dusun Pansor Daya, Desa Persiapan Pansor, Kecamatan Kayangan mulai membersihkan Masjid Nurul Hikmah.

Kepala Dusun Pansor Daya, Mahir kepada MINA mengatakan, Masjid sebagai target utama untuk dibersihkan.

“Sarana ibadah kita utamakan, maka ini masjid kita bersihkan puing-pungnya untuk kita dirikan mushola menggunakan terpal,” katanya.

Lebih lanjut, Mahir mengatakan, sambil menunggu bantuan dari pemerintah datang, mereka targetkan masjid dan sarana pendidikan dulu untuk dikerjakan.

“Kita harap ada bantuan dari pemerintah, dan kita dahulukan sarana ibadah dan sarana pendidikan,” ujarnya.

Meskipun terus terjadi gempa susulan, namun warga tetap melakukan pekerjaan membersihkan puing-puing masjid pasca gempa.

Pantauan MINA di lokasi, masyarakat membuat Mushola Darurat menggunakan terpal di halaman masjid yang runtuh untuk shalat wajib

Adapun untuk Shalat Iedul Adha, warga membersihkan puing masjid, dan menjadikan pondasi dan bekas lantai masjid dengan dipasang terpal sebagai atapnya.

Pasca gempa susulan 6,5 SR, Ahad, (19/8) malam kemarin, tercatat 10 orang meninggal dunia, 24 orang luka-luka, 151 unit rumah rusak (7 rusak berat, 5 rusak sedang, 139 rusak ringan) dan 6 unit fasilitas ibadah. Ini adalah data sementara karena pendataan masih berlangsung. Kendala listrik padam total menyebabkan komunikasi dan pendataan terhambat.

Dari 10 orang meninggal dunia akibat gempa 6,9 SR berasal dari Kabupaten Lombok Timur 4 orang, Lombok Barat 1 orang, Sumbawa Besar 5 orang, dan Sumbawa Barat 1 orang. Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, ESDM, dan relawan masih melakukan evakuasi. (L/B01/P1).

Mi’raj News Agency (MINA).