Jelang Peringatan 8 Juli, Puluhan Aktivis Kashmir Ditahan

Ketua Konferensi Hurriyat (M) Mirwaiz Umar Farooq dibawa dengan mobil polisi. (Foto: The Indian Express)

Srinagar, 12 Syawwal 1438/6 Juli 2017 (MINA) – Menjelang peringatan setahun kematian komandan militan Hizbul Mujahideen Burhan Wani pada 8 Juli, polisi India menahan puluhan aktivis kemerdekaan Kashmir dan para pemimpin kuncinya.

Menurut sumber kepolisian Kashmir, lebih dari 25 pemimpin atau aktivis telah ditahan di kantor polisi berbagai daerah di wilayah lembah sengketa itu. Demikian Greater Kashmir memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ketua Konferensi Hurriyat (M) Mirwaiz Umar Farooq tetap berada di bawah tahanan rumah selama beberapa pekan terakhir.

Sementara Ketua Front Pembebasan Jammu dan Kashmir (JKLF) Muhammad Yasin Malik telah berada di Pusat Penjara Srinagar sejak menjelang hari raya Idul Fitri.

Polisi terus menggerebek tempat tinggal banyak pemimpin JKLF sebagai bagian dari tindakan keras menjelang peringatan kematian Burhan Wani.

Banyak pemimpin perlawanan yang sedang dalam pelarian untuk menghindari penangkapan.

Mayoritas pemimpin Konferensi Hurriyat ditempatkan di bawah tahanan rumah atau ditahan di berbagai kantor polisi.

Polisi juga menggerebek kantor Konferensi Hurriyat (G) pimpinan Syed Ali Geelani di Hyderpora. Polisi menahan pemimpin senior Peer Saifullah.

Sebuah pernyataan mengatakan, saat dibawa, Saifullah dalam kondisi tidak sehat karena baru saja menjalani operasi tumor otak.

Burhan Wani (22) dianggap sebagai potret militansi zaman baru di Kashmir. Kematiannya oleh polisi di Anantnag pada 8 Juli tahun lalu, telah memicu pemberontakan rakyat Kashmir selama enam bulan yang menyebabkan sedikitnya 96 warga sipil tewas di tangan pasukan India. (T/RI-1/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.