Jemaah Bertambah, Menag Optimalkan Layanan Petugas Kloter

Jakarta, 19 Ramadhan 1438/14 Juni 2017 (MINA) – Jumlah jemaah Indonesia tahun ini meningkat tajam, dari 168.800 pada empat tahun terakhir, menjadi 221.000 pada tahun ini. Namun demikian, penambahan jumlah petugas haji tidak sebanding dengan lonjakan jumlah jemaah, dari 3250 menjadi 3500 orang. Agar layanan terhadap jemaah tetap berjalan baik, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku akan mengoptimalkan layanan petugas kloter.

“Kita akan lebih memanfaatkan petugas kloter yang juga mengalami lonjakan. Jumlah kloter bertambah dari 384 kloter pada tahun lalu menjadi 506 atau 507 kloter tahun ini,” ujarnya usai membuka Pembekalan Petugas Arab Saudi 1438H/2017M di Jakarta, Selasa (13/6). Demikian keterangan pers yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Petugas kloter itu nanti akan kita berdayakan agar juga mampu mengakses jemaah selain dari kloter masing-masing,” sambungnya.

Menag menilai, bertambahnya jumlah jemaah menjadi tantangan tersendiri. Menag berharap hal itu akan semakin memotivasi para petugas untuk dapat berkerja dan melakukan tugas pengadian dengan baik dalam melayani tamu-tamu Allah.

“Amanah menjadi petugas tidak hanya datang dari negara sebagai tugas nasional, tapi juga dari Allah. Ini kemuliaan. Maka pasanglah rasa cinta. Dengan cinta segalanya akan ringan kita lakukan,” pesan Menag kepada para petugas haji.

Pemkalan petugas haji akan berlangsung hingga 22 Juni 2017. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 748 peserta. selain dari Kemenag, juga dari Kemenkes, TNI/Polri, BPS, Kemenlu, dan instansi terkait lainnya.

Menag berharap sepuluh hari proses pembekalan ini akan semakin memperdalam wawasan perhajian para petugas haji. Dengan begitu, para petugas diharapkan memahami medan kerja dan menguasai bidang tugasnya masing-masing.

Harapan senada disampaikan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher. Dia berharap penambahan jumlah petugas yang tidak sebanding lonjakan jemaah ini tidak mengurangi semangat mereka dalam menjalankan tugas pokoknya untuk melayani jemaah.(T/R05/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.