Jeremy Hunt Gantikan Boris Johnson Sebagai Menlu Inggris

London, MINA – Menteri Kesehatan dan Sosial Jeremy Hunt ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri Inggris, menggantikan Boris Johnson yang mengundurkan diri beberapa jam sebelumnya.

Johnson mengundurkan diri pasca perpecahan yang terjadi di pemerintahan Partai Konservatif pimpinan Perdana Menteri Theresa May.

Johnson mengajukan pengunduran dirinya kepada May Senin siang. May pun telah menerima pengunduran diri Johnson, demikian Worldbulletin melaporkan yang dikutip MINA.

Keputusan Johnson untuk mengundurkan diri menyusul pengunduran diri Menteri Brexit David Davis pada Ahad malam.

Kedua menteri yang mengundurkan diri dari kabinet May dikenal sebagai pendukung Brexit garis keras. Sedangkan Menteri Luar Negeri yang baru, Jeremy Hunt, mengampanyekan keanggotaan Uni Eropa pada referendum Brexit lalu. Hunt telah menjabat sebagai Menteri Kesehatan dan Sosial selama tujuh tahun terakhir.

Baca Juga:  Netanyahu Kembali Kritik Biden Soal Penahanan Pengiriman Senjata

Pengunduran diri para menteri tersebut terjadi setelah pernyataan Pemerintah Inggris pada Jumat mengenai pendekatan baru Brexit. Pendekatan baru tersebut membahas diberlakukannya perjanjian perdagangan bebas dan bea cukai khusus dengan Uni Eropa. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik