Jet Israel Serang Konvoi Bahan Makanan dan Obat Iran di Suriah

Bangkai truk dari konvoi bantuan makanan Iran di Al-Bukamal, Suriah, Ahad, 29 Januari 2023. (Screengrab)

Teheran, MINA – Pesawat jet tempur menargetkan konvoi truk Iran yang melewati perbatasan Al-Bukamal antara Suriah dan Irak, yang menyebabkan tiga truk terbakar total, Ahad (29/1).

Sumber informasi Iran mengkonfirmasi bahwa tidak ada orang Iran yang terluka dalam agresi yang menargetkan konvoi truk tersebut, IRNA melaporkan.

IRNA mengutip sumber yang mengatakan bahwa tidak ada yang tewas dalam agresi tersebut dan hanya satu pengemudi Suriah yang terluka dan dirawat. Media pemerintah Iran itu menuduh pendudukan Israel yang melakukan serangan tersebut.

Sumber itu juga menekankan bahwa Israel akan segera menyaksikan konsekuensi agresinya.

Video yang diterima oleh kantor berita Al Mayadeen dengan jelas menunjukkan bahwa truk-truk yang menjadi sasaran sarat dengan makanan dan obat-obatan.

Baca Juga:  39.000 Siswa di Gaza Tak Bisa Ikut Ujian Akhir Sekolah

Pada Senin (30/1), konvoi truk yang masuk ke Al-Bukamal juga menjadi sasaran saat dimulainya kembali proses masuknya 25 truk bermuatan bantuan kemanusiaan.

Truk-truk memasuki Suriah setelah menyelesaikan semua persetujuan yang diperlukan dari pihak Suriah dan Irak, membawa tepung, beras, dan beberapa bahan makanan lainnya.

Serangan di Al-Bukamal terjadi beberapa jam setelah Kementerian Pertahanan Iran mengumumkan pada hari Ahad bahwa pihaknya berhasil menggagalkan serangan drone di kompleks industri pertahanan di provinsi Isfahan, Iran tengah, lapor media lokal.

Pejabat AS dan sumber yang dekat dengan operasi itu mengatakan bahwa Israel yang melakukan serangan. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi