JET TEMPUR ISRAEL IKUT GEMPUR YAMAN

a pesawat termpur israel
Pesawat tempur Israeli Air Force. (Foto: themideastbeast)

Montreal, 13 Jumadil Akhir 1436/2 April 2015 (MINA) – Jet- dikabarkan turut ambil bagian dalam serangan udara koalisi yang dipimpin Arab Saudi menggempur Yaman, sumber-sumber di Sana’a mengungkapkan.

“Ini adalah untuk pertama kalinya bahwa Zionis Israel melakukan operasi bersama dengan koalisi Arab,” Sekretaris Jenderal Partai Politik Yaman Al-Haq, Hassan Zayd menulis di halaman facebook-nya.

Dia mencatat, seperti diberitakan Global Research (29/3), yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah mengeluarkan perintah langsung untuk angkatan udara Israel agar mengirim jet tempur ke Arab dalam serangan udara ke Yaman.

Alwatan al-Araby menyebutkan, Riyadh mengaku bahwa Arab Saudi melakukan serangan memenuhi permintaan Presiden Yaman Abd-Rabbou Mansour Hadi untuk campur tangan guna melindungi pemerintah yang sah.

Serangan memang dirancang untuk membela pemerintahan yang sah dan untuk mencegah gerakan Houthi, yang dianggap mengkudeta pemerintah Yaman yang sah.

Laporan The Mideast Beast menyebutkan, Kolonel Yossi Fluffberg, Kepala Satuan Pesawat Tempur Angkatan Udara (AU) Israel (Israeli Air Force) mengatakan, pasukannya tidak bisa membiarkan pemberontakan terjadi di Yaman, seperti juga di Suriah.

Sementara itu, Komandan Skuadron AU Arab Saudi (Royal Saudi Air Force), Saudi Muhammad Muhammad mengatakan, satuannya hanya bergabung dengan koalisi Arab.

“Sulit untuk mengatakan dari ketinggian 30.000 kaki, ketika F-16 dengan lambang bintang Daud menyalib dan ikut mengebom sasaran, tanpa pemberitahuan terlebih dulu ke kesatuannya,” ujarnya.

Juru Bicara Gedung Putih Jim J. Johnson menyatakan, sedikit terkejut ada pesawat selain Saudi yang ikut terbang menyerang Yaman. (T/P4/R11).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0