JK Kritik Sumbar Kehilangan Tokoh dan Sosok Ulama

Jakarta, MINA – Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 RI, HM (JK) mengkritik Sumatera Barat yang disebutnya kehilangan tokoh dan , karena sudah tidak ada lagi ulama besar yang lahir dari daerah itu.

JK membandingkan dulu sangat mudah menjumpai ulama Minang di masjid-masjid Jakarta, namun sekarang sangat sulit. “Mohon maaf. Sumbar kehilangan sosok ulama. Dahulu di Jakarta, tahun 50-an atau 60-an, kalau ada jumatan di 10 masjid, 8 di antaranya khatibnya adalah orang Minang. Sekarang, mencari khatib orang Minang di Jakarta tidak mudah lagi,” kata JK di gedung DPRD Provinsi Sumatera Barat, Selasa (4/10).

JK hadir dan berpidato dalam Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi ke-77 Provinsi Sumatera Barat.

Menurutnya, dari sisi ulama, kondisi Minang hari ini sangat berbeda dengan masyarakat Bugis.

“Saya diberitahu oleh Pak Gubernur kemarin ada Ustad Das’at Latif datang berceramah. Penceramah nasional itu sekarang lebih banyak orang Bugis dibanding orang Minang. Ustad siapa yang diundang ke mana orang Minang? Orang Minang tidak ada lagi. Orang Bugis ada terus. Ada Das’at, (Muhammad Nur) Maulana, Quraisy Sihab dan lain sebagainya. Yang menonjol sekarang juga (Ustad Abdul) Somad. Batubara. Dari Sumatera Utara yang besar di Riau,” katanya.

“Padahal, yang mengajar orang Bugis itu soal Islam adalah orang Minang. Yang membawa Islam dan mengislamkan orang Bugis semuanya dari Minang. Datuak Ribandang. Kalau tidak ada orang Minang, mungkin orang Bugis tidak memahami Islam dengan baik. Bahkan bisa jadi tidak Islam,” tambah Kalla.

Karena itu, menurut JK perlu ada upaya memajukan kembali tingkat pengetahuan keagamaan ulama dan ustad yang banyak, mengembalikan marwah itu dari orang Minang.

“(Ulama) Orang Minang tidak ada lagi. Padahal  dulu kalau mau belajar agama, datang ke Thawalib, datang ke Padang Panjang. Sekarang tidak ada lagi yang berpikir datang ke Padang Panjang. Paling ke Padang Panjang orang pergi makan sate (Mak Syukur). Kenapa terjadi? Karena sekarang terbalik. Orang Minang belajar sekolah agama sekarang pergi ke Gontor. Jadi ini yang harus diperbaiki,” tambah JK. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.