JK Luncurkan Aplikasi Digital Masjidku.com

Jakarta, 7 Rabi’ul Awwal 1438/7 Desember 2016 (MINA) – Peran dan fungsi pengurus masjid dalam melayani jamaah dan masyarakat di sekitarnya akan selalu berhadapan dengan tantangan modernitas dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk teknologi informasi berbasis media on line dan audio visual.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia () HM Yusuf Kalla Dalam sambutannya di acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II DMI pada Senin (5/12), di Istana Wapres, Jakarta.

Ketua Umum DMI memandang penting kondisi ini, dan meresponnya dengan membuat aplikasi mobile masjidku.com yang dapat diunduh dari playstore di handphone android. Masjidku.com merupakan aplikasi yang ditujukan untuk memperkuat aktifitas komunitas masjid, da’i dan ummat.

Ia juga menambahkan, aplikasi ini dikembangkan atas prakarsa PT. Telkom Indonesia melalui skema inkubasi dengan start-up bernama Bless indonesia. Peluncuran aplikasi ini dilakukan oleh Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden RI pada acara itu.

JK menyatakan bahwa aplikasi masjid juga harus bisa menghubungkan  jamaah masjid dengan ustaz dan ulama.

“Aplikasi kunci DMI yang memanfaatkan teknologi digital ini adalah masjidku.com yang pengembangan-nya didukung oleh PT. Telkom indonesia. Aplikasi mobile ini bertujuan untuk mengembangkan komunitas-komunitas masjid sebagai salah satu program strategis DMI,” katanya.

Lebih lLanjut JK mengatakan, “saat ini aplikasi mobile masjidku.com memang baru mencakup kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) saja, namun ke depan akan terus dikembangkan di kota-kota lainnya di Indonesia.

JK berharap aplikasi ini seperti ojek online sehingga ummat bisa melihat daftar para da’i, ustadz, muballigh dan muballighah, lalu menentukan penceramah mana yang mau diundang sesuai dengan kebutuhan jamaah masjid.

Aplikasi ini, lanjutnya, juga terus dikembangakan agar dapat menunjukkan daftar nama para da’i, ustaz, dan ulama sesuai dengan keahlian yang dimiliki, seperti dalam bidang fiqih, ekojomi syariah, ibadah, kesehatan, dan lain-lain.

Dalam acara pembukaan ini, turut hadir Ketua Organizing Committee (SC) dan Steering Committee (SC) DMI, yakni Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.A., yang juga Sekretaris PP DMI, dan Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, yang juga Ketua PP DMI Bidang Sarana Hukum dan Waqaf.

Hadir pula Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Abdul Djalil dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkminfo) Rudiantara Keduanya juga menjadi Ketua PP DMI dan Ketua Departemen Kominfo, Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri (HAL-LN). Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fahmi Idris yang juga Ketua PP DMI Bidang Kesehatan, Lingkungan Hidup, dan Kepemudaan, serta Staf Khusus Wapres Syahrul Ujud dan juga Sekretaris PP DMI.

Acara pembukaan ini diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Ketua PP DMI Bidang Dakwah dan Pengkajian, KH. Ahmad Bagdja, dan foto bersama Wapres Jusuf Kalla dengan para peserta dari Pimpinan Wilayah (PW) DMI dari 34 provinsi se-Indonesia.(T/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.