JK Pimpin Upacara Pemakaman Kyai Hasyim

Depok, 17 Jumadil Akhir 1438/16 Maret 2017 (MINA) – Wakil Presiden Indonesia memimpin upacara militer pemakaman di Komplek Pesantren Al-Hikam, Depok, Kamis (16/3). Acara tersebut diawali dengan pembacaan biografi singkat Kyai Hasyim kemudian dilanjutkan dengan upacara apel persada.

Dalam sambutan singkatnya, mengatakan bahwa Kyai Hasyim semasa hidupnya telah memberikan sumbangsih yang banyak untuk masyarakat Indonesia. “Kita doakan agar almarhum Kyai Hasyim Muzadi mendapatkan tempat yang layak di sisinya,” kata JK yang kemudian dijawab “Aamiin” oleh ribuan pelayat yang hadir.

Upacara militer itu diikuti oleh ratusan petugas gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) sebagai bentuk penghormatan terakhir.

Baca Juga:  Sebanyak 1.695 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Ogan Komering Ulu

“Kami mengerahkan ratusan petugas gabungan untuk mengawal dan menjaga (prosesi pemakaman) ini. Sebagai bentuk penghormatan terakhir untuk beliau (Kyai Hasyim),” kata Dandim 0508 Depok Letkol Slamet Suprinyanto kepada wartawan.

Letkol Slamet menuturkan bahwa peran Kyai Hasyim dalam mempersatukan setiap elemen bangsa Indonesia patut mendapat penghargaan dan apresiasi.

Selain dari petugas gabungan TNI dan Polri, prosesi pemakaman juga dijaga oleh Laskar Pembela Islam (LPI) dan GP Ansor.

Beberapa tokoh dan ulama yang hadir, di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab, Akbar Tanjung, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Menag Lukman Hakim Saefuddin dan sejumlah tokoh muslim Indonesia lainnya serta ribuan pelayat dari berbagai daerah. (L/R06/R01)

Baca Juga:  Wamen Kominfo: Remaja dan Manula Rentan Kena Hoaks

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.