Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi Resmi Buka PON XXI Aceh-Sumut 2024

sri astuti Editor : Rana Setiawan - 1 jam yang lalu

1 jam yang lalu

4 Views

Presiden Joko Widodo saat menghadiri upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut, Senin (9/9). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden RI)

Banda Aceh, MINA – Presiden Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024, di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9) malam, bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Rangkaian upacara pembukaan dimulai sejak pukul 20.00 WIB, dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, pembacaan syair, penampilan tari-tarian serta pertunjukkan lainya yang mengangkat kearifan lokal dan kekayaan budaya Aceh.

Veddriq Leonardo, atlet panjang tebing peraih medali emas di Olimpiade Paris 2024 menjadi wakil dari para kontestan untuk membacakan janji atlet.

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah  Provinsi Banda Aceh yang  menjadi tuang rumah pembukaan PON ke XXI ini.

Baca Juga: Paralimpiade 2024 Resmi Ditutup, China Juara Umum

Jokowi berharap PON 2024 ini akan melahirkan banyak atlet pemecah rekor dunia dan peraih medali emas di internasional, serta sebagai ajang untuk mempererat persatuan.

“Melahirkan lebih banyak atlet pemecah rekor dunia, melahirkan lebih banyak peraih medail emas SEA Games Asian Games dan Olimpiade. Saya harap juga PON ini bisa menjadi ajang untuk semakin mempererat persatuan kita. Saya harap ajang ini juga untuk memperkokoh tali persaudaraan kita sebagai satu bangsa,” kata Jokowi.

“Semangat kebersamaan, sportivitas, dan kegembiraan untuk mengukir prestasi. Bismillahirahmanirahim PON XXI Aceh Sumatera Utara resmi saya buka,” ujarnya.

Selain Jokowi, upacara pembukaan juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Pj Gubernur Aceh Safrizal ZA, serta Ketua KONI Marciano Normal.

Baca Juga: Tiket Timnas Indonesia vs Australia Habis Terjual

Di waktu yang sama, upacara pembukaan di Sumatera Utara juga berlangsung di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

PON XXI ini berlangsung pada 9-20 September 2024. Meski upacara pembukaan baru digelar malam ini, rangkaian kompetisi PON 2024 sudah berlangsung sejak 28 Agustus lalu.

Sebanyak 65 cabang olahraga dipertandingkan dalam PON XXI, yang melibatkan hampir 13.000 atlet. []

 

Baca Juga: Paralimpiade 2024: Indonesia Finish ke-50, Raih 14 Medali

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Karisma Evi, Pelari Berhijab Raih Medali Perak Paralimpiade 2024

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport