JQH Akan Gelar Konferensi dan Khotmil Quran di Jakarta

Jakarta, MINA –  Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh () akan menggelar dan Khotmil Quran di Jakarta, pada 20-21 Mei 2019 mendatang.

Rencana ini disampaikan Ketua Umum JQH KH Saifullah Ma’shum saat beraudiensi dengan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, Senin (13/5) di Jakarta, demikian rilis Kemenag yang diterima MINA.

“Tanggal tersebut bertepatan dengan 15 dan 16 Ramadan. Konferensi Al-Quran akan kita laksanakan pada 20 Mei 2019, sementara esoknya akan dilakukan Khotmil Quran. Kami berharap Pa Menteri bersedia untuk membuka kegiatan tersebut,” tutur KH. Saifullah.

Ia hadir didampingi beberapa Pengurus Pusat JQH menyampaikan, beberapa ahli Quran di Indonesia direncanakan hadir dalam Konferensi Al-Quran. Mulai dari mantan Menteri Agama Prof. Said Agil Al-Munawar, Prof. Sahiron (UIN Yogyakarta), Dr. Musta’in Syafii (Tebu Ireng Jombang), KH Agus Purwanto (Pesantren Sains Al-Quran), hingga KH. Yusuf Mansyur.

Ia mengatakan, konferensi tersebut akan mem-breakdown tiga tema, yaitu Persoalan Dakwah Al-Quran, Pengajaran dan Pendidikan Al-Quran, serta Konsep Pemberdayaan SDM Al-Quran (Qari dan Hafizh).

“Sementara khatmil Quran yang akan dihadiri 400 qari dan hafizh dari seluruh Indonesia,” tambahnya.

Menag menyambut baik rencana kegiatan tersebut. Ia berharap, Konferensi Al-Quran yang dilaksanakan dapat mencerahkan umat. Termasuk di dalamnya memperkaya pengetahuan umat guna memahami Al-Quran bukan hanya secara tekstual tapi juga kontekstual.

Menag berharap, pemerintah dan ormas perlu terus bekerjasama untuk melakukan pencerahan bagi umat melalui program-program positif.

“Kami berharap ormas-ormas keagamaan seperti JQH, dapat membantu kami dengan menyampaikan konsepsi program-program yang dibutuhkan oleh umat,” ujar Menag yang mengaku siap hadir dalam pembukaan konferensi Al-Quran.

Turut hadir mendampingi Menag, Staf Khusus Menteri Agama Ali Zawawi, Direktur Penerangan Agama Islam Juraidi, Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Quran Muchlis Hanafi, serta Kepala Bagian TU Pimpinan Khoirul Huda. (R/Gun/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)