Jurnalis Turki Diduga Terkait FETO Dibebaskan

Istanbul, MINA – Pengadilan di Istanbul Turki pada Rabu (27/6), memerintahkan pembebasan seorang wartawan Turki, yang sebelumnya telah dijatuhi hukuman seumur hidup atas dugaan berafiliasi dengan kelompok teror yang berada di balik aksi kudeta Turki pada 2016 silam.

Mehmet Altan akan dibebaskan di bawah pengawasan yudisial atas permintaannya ke departemen pemasyarakatan pengadilan wilayah Istanbul. Demikian Anadolu Agency dikutip MINA, Kamis (28/6).

Dalam laporan awal, departemen lembaga pemasyarakatan mengingatkan, bahwa awal tahun ini Mahkamah Konstitusi telah memutuskan kebebasan pribadi dan keamanan Altan telah dilanggar. Altan juga dikenai larangan bepergian.

Pada Februari, Altan dijatuhi hukuman seumur hidup karena diduga berencana menggulingkan tatanan konstitusional.

FETO dan pemimpinnya di Amerika Serikat, Fetullah Gulen mengagas kudeta yang berhasil digagalkan pada 15 Juli 2016, yang menyebabkan 251 orang menjadi korban tewas dan hampir 2.200 orang terluka.

Ankara juga menuduh FETO berada di belakang kampanye jangka panjang untuk menggulingkan negara melalui infiltrasi institusi Turki, khususnya militer, polisi, dan peradilan. (T/R03/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)