Kanada Jadikan 25 Februari Hari Solidaritas Hijab

Muslimah Kanada. (Foto: dok. Morocco World News)
Muslimah . (Foto: dok. Morocco World News)

Ottawa, 2016 (MINA) – Koalisi Muslimah di kota Ottawa, Kanada, bersepakat menjadikan tanggal 25 Februari tahun ini sebagai Hari Solidaritas Hijab Ottawa, Kamis (25/2).

Inisiatif Kota untuk Semua Wanita (The City for All Women Initiative/CAWI) yang ikut dalam koalisi menyatakan, lembaganya akan menjalankan kampanye media sosial dengan #hijabsolidarity, bertujuan menentang isu Islamofobia dan pandangan negatif terhadap perempuan Muslimah yang berjilbab.

“Kita akan menampilkan karya-karya kaum Muslimah untuk menentang kekerasan terhadap perempuan dalam masyarakat Muslim, Kanada, dan di dunia,” kata pernyataan CAWI pada laman Muslim Link yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ide kampanye muncul karena adanya sejumlah peningkatan kasus pelecehan terhadap Muslimah selama beberapa bulan terakhir di Ottawa. Beberapa kasus bahkan sudah ditangani pihak kepolisian setempat.

“Muslimah berkerudung masih menghadapi diskriminasi dan kekerasan di Ottawa,” lanjut pernyataan itu.

Beberapa pembicara akan tampil pada puncak acara Ottawa Hijab Solidarity Day di gedung Councillors ‘Lounge, Ottawa, antara lain Fartuun Adan, aktivis CAWI peraih penghargaan internasional peempuan pemberani ‘Women of Courage’ dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, yang disampaikan oleh Ibu Negara Michelle Obama.

Lainnya, Sadiqa Basiri Saleem, yang telah bekerja untuk membangun dan mendukung lembaga-lembaga untuk anak perempuan dan pendidikan perempuan di Afghanistan. Serta Roua Alijed, seorang yang aktif menulis puisi-puisi keadilan sosial.

Dari pihak pemerintah akan berbicara Kepala Kepolisian Ottawa Charles Bordeleau.

Koalisi penggagas kampanye hijab di Ottawa, terdiri dari CAWI, Koalisi Kesehatan Masyarakat (The Coalition of Community Health and Resource Centres/CCHRC), Kerjasama Imigrasi Lokal (The Ottawa Local Immigration Partnership/OLIP) dan Koalisi Ottawa untuk Mengakhiri Kekerasan terhadap Perempuan (The Ottawa Coalition to End Violence against Women/OCTEVAW). (T/P4/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.