Kanada Pulangkan Keluarga Diplomatnya Dari Kuba

Kuba berlakukan lagi pembatasan perjalanan ke LN

Ottawa, MINA – Pemerintah Kanada Senin (16/4) telah memerintahkan keluarga para diplomatnya di Kuba untuk kembali tanah air disebabkan penyakit misterius yang masih belum diketahui penyakit apa.

Pemerintah Kanada telah menetapkan Kuba sebagai “pos tanpa pendamping”  (keluarga), yang berarti keluarga para diplomat Kanada tidak diizinkan untuk tinggal bersama para diplomat yang bertgas di sana. Worldbulletin melaporkan.

Tindakan ini, diambil setelah didapat laporan medis yang menunjukkan bahwa penyakit misterius telah menimpa 10 orang Kanada yang mengalami sakit kepala, mual, kehilangan ingatan, pusing, malahan sampai dikhawatirkan mengalami  “kemungkinan cedera otak “.

“Penyebabnya masih belum diketahui tetapi bisa saja penyakit buatan manusia,” kata Global Affairs Canada dalam pernyataan.

Kanada sebelumnya mengirim seorang dokter Juni lalu untuk memeriksa korban dari penyakit itu, tetapi tidak ada diagnosis yang konklusif.

Beberapa teori tentang serangan sonik dan penyakit yang disebabkan secara psikologis telah dikemukakan tetapi sekarang dikesampingkan. Beberapa korban mengatakan mereka mendengar suara-suara bernada tinggi yang menyakitkan.

Pemerintah Amerika Serikat menarik staf dan keluarganya, hanya menyisakan 10 di Havana setelah 24 orang Amerika melaporkan menjadi korban gejala tersebut pada Januari lalu.

Kanada memiliki beberapa pos diplomatik yang tidak didampingi keluarga, antaranya Kabul (Afghanistan) dan Tripoli (Libya). (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)