KBRI Islamabad Galang Dana untuk Korban Banjir di Pakistan

KBRI Islamabad Galang Dana untuk Korban Banjir di Pakistan (foto: KBRI Islamabad)

Islamabad, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Islamabad, Kamis (22/9) menggelar acara galang dana dalam format cooking demo kuliner Indonesia untuk membantu korban musibah banjir bandang di Pakistan.

Acara tersebut dihadiri oleh istri kepala-kepala perwakilan asing di Pakistan, pengusaha restoran di Islamabad, anggota KADIN setempat, Friends of Indonesia dan Diaspora Indonesia di Pakistan dan didukung oleh Waheed Group, importir kelapa sawit terbesar di Pakistan.

Kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar PKR 1,2 juta  (USD 5.353) dari Diaspora Indonesia dan PKR 300.000 (USD1,300) dari para tamu.

Duta Besar RI, Adam M. Tugio menyampaikan, penggalangan dana merupakan bentuk solidaritas dan simpati rakyat Indonesia kepada korban banjir Pakistan.

Bantuan kemanusiaan tersebut disampaikan secara simbolis oleh Duta Besar RI, Diaspora Indonesia, Koordinator Wilayah Khyber Pakhtunkhwa (KPK), Ibu Efi Indriyani dan Ibnu Fikri Ghozali, Ketua Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) kepada Pakistan kepada Pakistan Red Crescent Society (PRCS).

Selain itu telah juga disalurkan bantuan logistic (tenda, berikut net mosquito dan paket makanan) dari Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Pakistan serta dua alat Hemocue untuk donor darah.

Pada sambutannya, Chairman of PRCS Sardar Shahid Ahmed Laghari menyampaikan apresiasi kepada KBRI Islamabad yang telah menyelenggarakan kegiatan pengumpulan dana untuk korban banjir bandang di Pakistan.

Musibah yang menimpa Pakistan merupakan salah satu yang terburuk dalam sejarah dan bantuan dari semua pihak sangat dibutuhkan saat ini.

Banjir bandang di Pakistan telah merenggut sekitar 1600 jiwa, rusaknya lahan pertanian, infrastruktur jalan, jembatan, gedung dan sekolah serta  menghanyutkan hampir 1/3 wilayah Pakistan.

Berbagai bantuan baik dana maupun logistik yang sudah diterima saat ini dari negara sahabat telah disalurkan kepada masyarakat terdampak. Namun tentunya dengan kerusakan yang sangat besar, masyarakat masih membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak.

Oleh karena itu, PRCS menghimbau agar masyarakat internasional turut serta meringankan penderitaan rakyat Pakistan yang terdampak bencana. (R/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)