KBRI Khartoum Akan Gelar Malam Budaya Indonesia-Sudan 2017

()

Khartoum, 13 Rajab 1438/11 April 2017 (MINA) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartoum akan menyelenggarakan even internasional Malam Budaya Indonesia 2017 (Cultural Night 2017) di Kota Khartoum, Sudan, pada 13-14 April 2017 mendatang.

Dalam Even ini, KBRI Khartoum akan mempromosikan kebudayaan dan seni dari berbagai daerah di bumi Nusantara, seperti penampilan tari dari berbagai Provinsi di Indonesia, fashion show, dan lain-lain.

Kepala Pensosbud Kbri Khartoum, Cut Dinawati mengatakan, guna menyukseskan acara Malam Budaya Indonesia 2017, KBRI Khartoum menggandeng berbagai pihak dari berbagai lembaga penting di Sudan, seperti Dewan Persahabatan Sudan-Indonesia dan Dewan Persahabatan Internasional Sudan.

“Bahkan, pihak KBRI Khartoum memboyong langsung sanggar budaya dan seni Svadara yang berpusat di Jakarta, untuk ikut tampil dalam memeriahkan dan menyukseskan even internasional tersebut,” kata Cut Dinawati sebagaimana dilaporkan Koresponden MINA Sidik Mustakim di Khartoum.

Sementara itu, Malam budaya Indonesia 2017 ini akan dibagi menjadi dua event besar, di antaranya pada sore hari 13 April 2017, akan mengundang tamu-tamu khusus dari kalangan diplomatik, pengusaha, pejabat pemerintah, organisasi internasional, dan lain-lain yang berada di Khartoum, dipusatkan di Birkatul Mulk (Royal Pond Hall), Kota Khartoum.

Kemudian pada hari kedua sore hari, 14 April 2017 juga akan dilaksanakan kegiatan yang sama yang dipusatkan di Taman Hijau (Green Yard) Kota Khartoum. Acara ini terbuka untuk umum dan masyarakat Sudan, dengan menampilkan budaya dan seni yang sama antara Indonesia dan Sudan.

Pada acara Malam Budaya Indonesia tersebut, pihak KBRI Khartoum akan memberikan berbagai hadiah menarik atau door prize bagi para penonton yang hadir. Penonton warga Sudan yang beruntung akan mendapatkan tiket Pesawat pulang pergi dan berkesempatan berkunjung ke Jakarta selama 3 malam 4 hari di Jakarta.

Dia menjelaskan, Tim Sanggar Budaya Svadara, terdiri dari delapan orang penari akan memeriahkan acara Malam Budaya Indonesia 2017. Mereka akan mempromosikan budaya Nusantara dengan menampilkan beberapa tari daerah di Indonesia di antaranya dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Nusantara Tenggara Timur, Kalimantan, dan Papua.

“Sementara dari Sudan sendiri, KBRI Khartoum juga mengundang partisipasi dari tim Tari Sanggar Budaya dan Seni Tanita Sudan dengan menampilkan Tari Malembo,” ujar Cut Dinawati.

Sanggar Tari dan Musik Tradisional Svadara adalah sanggar tari yang berpengalaman dan telah melakukan perjalanan ke berbagai negara dalam rangka mempromosikan budaya Indonesia di kanca internasional. Mereka menguasai banyak tarian dan musik tradisional seperti dari Melayu, Aceh, Minang, Jawa, Betawi, Bali, Sulawesi, Dayak, Papua, Maluku, Nusa Tenggara, dan lain-lain. (L/K02/R09/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.