Keamanan Tunisia Tangkap Dua Anggota Parlemen dari Partai Islam

Tunis, MINA – Pasukan menangkap dua anggota parlemen dari sebuah partai Islam yang menentang perebutan kekuasaan oleh Presiden Kais Saied, kata partai mereka.

Maher Zid dan Mohamed Affes dari partai Al-Karama telah ditempatkan dalam penahanan sementara sehubungan dengan penyelidikan militer, tulis ketua partai Seifeddine Makhlouf di Facebook, Nahar Net melaporkan, Senin (2/8).

Al-Karama bersekutu dengan partai Islam besar Ennahdha, lawan utama presiden.

Penangkapan mereka pada Sabtu malam (31/7) terjadi sehari setelah penahanan anggota parlemen independen, Yassine Ayari.

Ayari ditangkap setelah mengecap keputusan Presiden Saied Ahad pekan lalu yang menangguhkan parlemen dan memecat perdana menteri serta pejabat tinggi lainnya sebagai “kudeta militer.”

Pengadilan militer Tunisia mengatakan, dia ditangkap berdasarkan hukuman penjara dua bulan yang dijatuhkan pada akhir 2018 karena mengkritik tentara.

Kelompok hak asasi termasuk Amnesty International dan Human Rights Watch telah menyatakan keprihatinan atas penangkapannya.

Affes adalah mantan ulama ultra-konservatif dan Zid adalah mantan jurnalis dan blogger yang dijatuhi hukuman dua tahun penjara karena menghina mendiang presiden Beji Caid Essebsi. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.